07 Jul 2018 12:24

Dua Ribu Warga Buyat Dapat Jaminan Kesehatan

MyPassion
Puskesmas Buyat melakukan pemeriksaan kesehatan dan pembagian susu serta obat gratis, Jumat (6/7) kemarin. (Ayurahmi Rais/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM — Sebanyak 2.000 warga Buyat mendapatkan jaminan kesehatan. Di mana warga Buyat sudah bisa menggunakan Fasilitas Kesehatan (Faskes) dengan bantuan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. "Kami selalu rutin mensosialisasikan penggunaan BPJS Kesehatan.  Apalagi saat ini sudah semakin mudah," ungkap Kepala Puskesmas Buyat dr Corry Kapok.

Menurut dia, sebelumnya untuk meminta rujukan ke rumah sakit biasanya masyarakat yang ada di Desa  Buyat diwajibkan meminta rujukan terlebih dahulu di Puskesmas Kecamatan, yang berada di Kotabunan. "Namun, saat ini tidak lagi.  Untuk mempermudah pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Buyat, kami bekerja sama dengan pihak BPJS Kesehatan untuk terus memberikan pelayanan," katanya.

Dia mengungkapkan, saat ini pihaknya gencar melakukan sosialisasi mengenai pergantian kartu BPJS,  Jamkesmas, Jamkesda dan juga jenis kartu lainnya menjadi Faskes Buyat. "Jika sebelumnya Faskes Kotabunan. Jadi dengan adanya kebijakan baru akan diganti dengan Fases Buyat. Sehingga masyarakat Buyat tidak perlu lagi meminta rujukan ke Puskesmas Kotabunan saat membutuhkan perawatan di rumah sakit," dia memastikan.

Terpisah, Sangadi Buyat Makmun Paputungan berharap, dengan adanya kebijakan baru tersebut semua kebutuhan kesehatan masyarakat Buyat bisa terpenuhi. "Semoga program ini akan terus berlanjut. Dan semua masyarakat yang sakit bisa diobati dengan bantuan BPJS Kesehatan dan jenis perlindungan lainnya. Yang pasti aparat desa siap memberikan dukungan," tukasnya.

Terpantau, Jumat (6/7) kemarin, suasana Puskesmas Buyat sangat ramai. Selain sosialisasi kartu kesehatan, ada juga pemeriksaan kesehatan gratis, pembagian susu anlene, dan obat gratis. Selain Kepala Puskesmas, kegiatan tersebut juga dihadiri staf Puskesmas Buyat kader bagian PPKBD Buyat Induk. (tr-01/ite)

Kirim Komentar