07 Jul 2018 12:35

DP3A Mitra Gelar Konvensi Hak Anak

MyPassion
Kepala DP3A Mitra Phebe memberikan materi di depan peserta dari 12 Kecamatan. (Dok. P3A)

MANADOPOSTONLINE.COM — Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak (DP3A) Kabupaten Mitra menggelar pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA), di Kantor P3A Kabupaten Mitra, Kamis (5/7).

Kepala DP3A Mitra Phene Punuindoong mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memberikan informasi terkait dengan KHA. Terutama kepada unsur-unsur terkait yang bergerak di bidang anak. Supaya memahami konvensi hak anak ini. “Jadi ada 24 indikator yang harus dipenuhi,” ujarnya.

Phebe berharap, setelah kegiatan ini undangan yang hadir dapat mencerna dengan baik informasi yang disampaikan narasumber. Kemudian mensosialisasikan ke tiap tempat mereka tinggal.

“Jadi setelah kegiatan ini, harus sampaikan ke masyarakat secara luas terutama di lingkungan kita. Namun yang terpenting adalah mengimplementasikan apa yang sudah diserap. Agar anak-anak di Mitra adalah anak-anak terpenuhi haknya. Saya optimis kabupaten Mitra mendapatkan penghargaan kabupaten ramah anak. Karena dipres dalam Lima cluster, tapi di KHA itu ada 31 hak anak,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala DP3A Provinsi Sulut Mieke Pangkong mengatakan, Mitra akan dijadikan barometer sebagai kabupaten ramah anak dari kabupaten kota se-Sulut. Itu dilihat dari adanya komitmen besar dari pemerintah Mitra.

“Sampai sudah ada perda layak anak, ini luar biasa keprihatinan pemerintah terhadap anak. Di mana telah memenuhi  indikator sebagai prasyarat kabupaten ramah anak,” katanya. Pemkab Mitra juga,  lanjut Mieke, telah melakukan perlindungan terhadap anak, seperti lingkungan sehat, pendidikan, kekerasan, pemerkosaan, dan yang menyangkut masalah sosial lainnya. “Jadi anak harus dilindungi dari segala hal yang bersifat negatif atau merugikan anak,” pungkasnya.(cw-01/gnr)

Kirim Komentar