07 Jul 2018 11:56

DLH Kotamobagu Tertibkan 32 Izin Lingkungan

MyPassion
Subandi Paputungan

MANADOPOSTONLINE.COM — Pemerintah Kota Kotamobagu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), mengingatkan pemilik usaha harus ada surat izin atau dokumen lingkungan. Sampai saat ini, menurut Kepala DLH Nasrun Gilalom melalui Kepala Bidang Tata Lingkungan Subandi Paputungan, pihaknya baru menerbitkan 32 izin usaha.

“Dokumen lingkungan tersebut untuk menimalisir terhadap dampak yang ada. Kalau ada izin lingkungan kan lebih bagus," terangnya, kemarin (6/7).

Subandi mengungkapkan, dari sisi lingkungan hidup, usaha tentu wajib memiliki izin lingkungan. Apabila kegiatan tersebut termasuk wajib Analisa Dampak Lingkungan (Amdal) atau Upaya Kelola Lingkungan (UKL) atau Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL).

"Nah, dokumen pembuatan nantinya tergantung besaran dampak dari masing-masing usaha.

Kalau dia berdampak besar. Harus membuat dokumen Amdal, izin yang sesuai dengan tata ruang," jelasnya.

Menurutnya, ini akan memberikan dampak yang positif. Pasalnya membantu masyarakat untuk sadar lingkungan. Dirinya menambahkan, sesuai peraturan yang ada, sekira 600-an kegiatan usaha yang wajib memiliki izin lingkungan.

"Kan, dari sekian usaha tidak semua harus mengurus izin usaha Amdal. Ada juga yang bisa mengurus ijin usaha UKL/UPL. Izin usaha Amdal itu kecuali usahanya berdampak besar. Dan usaha lingkungan ini wajib. Karena kalau tidak mengurus, ada tindak pidana dengan denda puluhan juta," tegasnya.

Dirinya berharap, masyarakat sadar akan lingkungan. "Jaga dan lestarikanlah lingkungan," pungkasnya. (tr-06/tan)

 

Kirim Komentar