07 Jul 2018 12:05

Capaian Perekaman di Minahasa Sulit Tembus 100 Persen

MyPassion
Grafis

MANADOPOSTONLINE.COM — Perekaman KTP elektronik atau E-KTP di Minahasa terus dipacu. Bahkan, posisi saat ini sudah mencapai 98,6 persen. Dari total wajib KTP berkisar 263 ribu, diketahui yang belum melakukan tinggal sekira satu persen lebih. Atau 2.600-an. Namun, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Minahasa Riviva Maringka mengatakan, walaupun sudah menyentuh hampir 99 persen, presentasi perekaman tak akan menyentuh 100 persen. “Sepertinya tidak mungkin mencapai 100 persen. Karena setiap hari ada wajib KTP baru, ada ketambahan warga umur 17 tahun,” kata dia.

Namun, jumlah ini menurutnya, memiliki peningkatan signifikan dari periode yang sama tahun lalu. “Di tahun 2017 perekaman E-KTP baru mencapai 91,8 persen. Namun tahun ini sudah menyentuh 98,6 persen,” lanjut Maringka. Dia pun berharap, jumlah perekaman E-KTP akan terus dimaksimalkan. “Kita akan terus membuka pelayanan agar perekaman E-KTP akan maksimal. Walaupun tak menyentuh 100 persen namun minimal 99 persen atau lebih,” pungkas Maringka.

Di sisi lain, pengurusan E-KTP di Minahasa semakin dipermudah. Hal ini diakui warga. Berry Saumana, salah satu warga yang mengurus E-KTP mengakui pengurusan kini lebih mudah. “Pelayananya juga sudah bagus dan selalu mengutamakan masyarakat. Sudah cepat dalam pengurusanya,” ungkap Saumana. (tr-09/fgn)

Kirim Komentar