07 Jul 2018 11:06

50 Juta Penyertaan Modal BUMDes Batu

MyPassion
Jerry Sampelan

MANADOPOSTONLINE.COM — Dana Desa Batu, Kecamatan Likupang Timur, Minahasa Utara (Minut) tak hanya untuk infrastruktur. Ditahun 2018 ini, dandes diperuntukkan juga untuk penyertaan modal BUMDes, yang dibanderol Rp 50 juta.

Hukum Tua (Kumtua) Desa Batu, Kecamatan Likupang Timur Jerry Nikson Sampelan mengatakan, tahap pertama dandes, pihaknya membuat perintisan jalan dan talud serta pembuatan jalan lorong dan pemasangan paving. "Jadi aggaran dandes tahap satu, kami fokuskan untuk pembangunan infrastruktur, karena itu yang dibutuhkan warga," ujarnya.

Selain itu, diberikan juga penyertaan modal untuk pengelolaan BUMDes. Uniknya, untuk penyertaan modal BUMDes, Desa Batu gabung dengan Desa Werot, yang masing-masing mengalokasikan anggaran Rp 50 juta, jadi total semua Rp 100 juta.

Sampelan menambahkan, mereka akan mengelolah BUMDes dengan usaha bersama. "Mereka akan mengolah pisang, durian, es krim durian, dan panke durian. Selain mengolah, itu mereka juga mencoba dipasarkan ke berbagai penjuru," terangnya. 

Jadi untuk dandes tahap satu yang sudah direalisasi adalah perintisan jalan, dan sementara proses pembuatan paving. "Untuk dandes tahap II, kami fokus lagi untuk pembangunan infrastruktur berupa pembuatan jalan lorong, pemasangan paving desa," tuturnya.

Sembari menambahkan, anggaran tahun ini berbeda dari tahun lalu. Tahun lalu sekira Rp 780 juta tapi sekarang tinggal Rp 712 Juta jadi terjadi penurunan. (tr-04/ria)

Kirim Komentar