07 Jul 2018 11:26

28 Ton Beras Rastra Disalurkan di Sitaro

MyPassion
Samuel Raule

MANADOPOSTONLINE.COM — Jatah penyaluran beras sejahtera (rastra) bulan Juni di Kabupaten Kepulauan Sitaro mulai dilakukan. Saat diwawancarai Plt Kadis Sosial dr Samuel Raule mengungkapkan, ada sekira 28 ton rastra yang mulai didistribusikan. "Ini sudah sesuai kuota penyaluran. Setiap keluarga menerima sekira 10 Kg setiap bulannya," ujar Raule.

Lanjutnya, saat ini terdata 2.801 KK penerima rastra se-Sitaro. "Untuk mekanisme penyaluran dari gudang Bulog, langsung didistribusikan ke pemerintah kampung maupun kelurahan di 93 desa/kelurahan. Kemungkinan untuk wilayah yang dapat dijangkau akses darat, penyalurannya cepat. Sedangkan di pulau seperti Tagulandang, Biaro, Makalehi dan Buhias, akan mengalami keterlambatan. Sebab harus menggunakan kapal," ucapnya. Saat ini penyaluran baru jatah bulan Juni. “Sedangkan Juli masih belum disalurkan," tuturnya. Untuk total kuota kabupaten, tambah Sam, ada 336 ton tahun ini. “Memang ada penurunan sebab tahun lalu diberikan jatah 15 Kg per KK setiap bulannya. Sekarang tinggal 10 Kg. Namun sudah tidak dipungut biaya apapun,” tambahnya.

Sementara itu, Lurah Tarorane Junaidi Charvo Sasela ST saat dikonfirmasi membeberkan distribusi rastra Kelurahan Tarorane sementara berproses. "Untuk jumlah penerima di sini ada sekitar 27 KK jadi kita mendapatkan jatah sekira 270 Kg," singkatnya. (drp/gel)

 

Kirim Komentar