07 Jul 2018 08:50
Dampak Harganas, Hunian Hotel hingga Kost Full

15 Ribu Tamu Serbu Manado

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Selama perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang dilaksanakan 3-7 Juli, tamu yang datang dari pusat maupun 34 provinsi se-Indonesia sudah sekira 15 ribu. Dampaknya, hunian hotel di Manado full. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Manado Lenda Pelealu, kemarin.

Menurutnya, selain hotel, penginapan dan tempat kost juga full. Ini dikarenakan banyak tamu yang datang dari luar daerah mengikuti kegiatan. “Bukan cuma hotel yang berdampak, rumah makan, jasa lainnya di Manado juga merasakan dampaknya dari kunjungan tamu,” ujarnya.

Lenda mengatakan, tamu yang datang masing-masing membawa uang untuk berbelanja. “Dampak ekonomi yang ditimbulkan dari kunjungan ini luar biasa,” ujarnya.

Dia juga meminta masyarakat betul-betul memanfaatkan momentum ini untuk meningkatkan perekonomian keluarga. “Contohnya menjual ole-ole khas Manado. Karena tamu yang datang, pulang pasti mencari ole-ole khas Manado, baik kulinernya, aksesoris dan lain sebagainya,” sebutnya.

Sementara itu, Sekretaris Kota (Sekkot) Manado Rum Usulu meminta kelurahan dan kecamatan menjaga kebersihan lingkungan masing-masing. “Sebab banyak tamu yang datang di Manado dalam memeriahkan Harganas maka kita harus memberikan kesan yang baik kepada mereka,” katanya.

Dia juga meminta pemerintah kecamatan dan kelurahan menjaga keamanan di wilayah masing-masing. “Keamanan sangat penting. Kalau kotanya aman banyak wisatawan baik lokal, maupun mancanegara yang akan datang lagi di Manado,” pungkasnya. (ite/can)

Kirim Komentar