06 Jul 2018 14:12

Tiga Ganda Campuran Melesat Ke Perempat Final

MyPassion
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir melaju ke Perempat Final. (Dok Djarum Badminton)

MANADOPOSTONLINE.COM—Tiga ganda campuran Indonesia berhasil melesat ke babak perempat final Blibli Indonesia Open 2018 yang merupakan bagian dari HSBC BWF World Tour Super 1000. Ketiga pasangan tersebut ialah Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang pada babak kedua siang tadi, Kamis (5/7), mampu menundukkan lawan-lawannya di Istora Senayan, Jakarta.

Tiket pertama babak perempat final yang akan digelar besok, Jumat (6/7),  mampu diamankan oleh Ricky/Debby yang menang atas pasangan Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachi dengan dua game langsung 21-14 dan 21-19 dalam waktu 39 menit.

“Saya bersyukur bisa memenangkan laga hari ini. Game pertama lebih yakin, percaya diri karena sejak awal sebelum bertanding sudah fokus. Jadi mengawali game pertama sudah siap. Game kedua ketinggalan dulu tapi saya lebih tenang, dan mencoba fokus satu demi satu dulu,” kata Ricky.

“Game kedua  itu pola kami cenderung bertahan jadi sempat ketinggalan. Dan mengingatkan ke Debby buat menyerang lagi seperti game pertama,” jelas Ricky.

“Sebenarnya pada pertandingan tadi kami sudah menerapkan pola-pola yang diarahkan pelatih. Siapa yang lebih sabar saja kunci kemenangan di pertandingan tadi, karena pola saya dan Ricky dengan pasangan Thailand itu hampir mirip,” tambah Debby.

Kemudian Hafiz/Gloria berhasil menyusul langkah Ricky/Debby setelah membuat kejutan dengan menundukkan unggulan enam dari Denmark, Mathias Christiansen/Christinna Pedersen, 14-21, 21-13 dan 21-7 dalam waktu 56 menit. Kemenangan itu sekaligus memastikan jika Hafiz/Gloria bakal menjadi lawan Ricky/Debby pada babak perempat final nanti.

Diakui Gloria jika ia dan Hafiz akan bermain maksimal meskipun lawan teman sendiri. "Untuk lawan besok, kami baru tahu ketemunya sesama pemain Indonesia, karena kami fokus satu demi satu pertandingan. Kalau ketemu pasangan Indonesia, kami coba main maksimal saja," tutup Gloria.

Tak ingin ketinggalan dari junior-juniornya, Tontowi/Liliyana pun akhirnya mampu menyusul ke perempat final, dengan bekal kemenangan 23-21 dan 21-19 atas wakil Jepang,  Yugo Kobayashi/Misaki Matsutomo.

“Senang bisa menang dan lolos ke perempat final. Tetapi jujur saja pada pertandingan hari ini saya pribadi merasa kurang puas. Banyak kesalahan sendiri yang dilakukan dan memberikan poin cuma-cuma untuk lawan. Pokoknya untuk besok saya berharap bisa tampil lebih baik lagi,” ujar Liliyana.

"Sebetulnya saya merasa mainnya sudah enak di game pertama, tetapi di tengah pertandingan, fokus menurun. Jadi banyak mati sendiri dan lawan banyak dapat poin,” tambah Tontowi.

Pada babak perempat final nanti, Tontowi/Liliyana masih menanti calon lawan yang akan dihadapinya. Mereka menunggu pemenang antara Zhang Nan/Li Yinhui  dari Tiongkok dan Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah dari Hong Kong yang baru akan bertanding sore hari nanti.

Di sisi lain, mengomentari hasil tim ganda campuran Indonesia sejauh ini, dengan mampu meloloskan tiga wakilnya ke perempat final Blibli Indonesia Open 2018, diakui Tontowi/Liliyana adalah  suatu pencapaian yang cukup bagus. Meski begitu, Tontowi/Liliyana berharap khususnya untuk  Hafiz/Gloria yang jauh lebih muda darinya jangan cepat puas.

"Kami senang Hafiz/Gloria dan Ricky/Debby ke perempat final, lawan-lawan yang mereka hadapi juga tidak mudah, lawan mereka bagus. Untuk Hafiz/Gloria khususnya yang masih muda, perjalanan mereka masih panjang, jangan cepat puas. Penampilan harus stabil, jangan lagi in, besok hilang lagi. Mudah-mudahan bisa menambah percaya diri, mereka sudah ada di level ini, sekarang sudah tahu dimana level mereka,

"Semoga Hafiz/Gloria bisa menjaga mindset mereka, harus percaya diri. Latihannya pun harus lebih lagi dan tidak boleh lengah,” sahut Tontowi.

Hingga berita ini diturunkan, selain tiga ganda campuran yang sudah memastikan diri ke perempat final, juga ada satu wakil ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang lolos usai mengalahkan pemain Indonesia lainnya,  Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani dengan 21-18 dan 21-19. Serta satu wakil dari ganda putra, Berry Angriawan/Hardianto yang baru saja membuat kejutan usai menundukkan unggulan delapan, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen dengan 21-14 dan 21-12.

Namun sayang, langkah Anthony Sinisuka Ginting harus dihentikan oleh wakil jepang, Kento Momota usai kalah dua game langsung 14-21 dan 15-21 dalam waktu 49 menit. (***)

Kirim Komentar