06 Jul 2018 12:53

Pendaftaran Bacaleg di Sitaro Masi Sepi

MyPassion
Ketua KPU Sitaro Stephen Londok SE memberikan materi penerimaan persyaratan bacaleg, Kamis (5/7), kemarin. ( Don Papuling/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) di Kabupaten Kepulauan Sitaro, terpantau masih sepi. Ini terpantau sejak Rabu (4/7), hingga hari kedua Kamis (5/7), kemarin. Belum ada satupun bacaleg datang menyambangi kantor KPU yang bertempat di Ulu, Kecamatan Siau Timur, untuk memasukkan persyaratan serta verifikasi. Saat diwawancarai Ketua KPU Sitaro Stephen Londok SE mengungkapkan, sepinya pendaftaran di hari pertama dan kedua disebabkan bacaleg sementara mengurus dokumen persyaratan.

"Sebab mereka wajib mengurus SKCK, surat keterangan dokter dari rumah sakit, kejiwaan maupun berbagai dokumen lainnya. Itu dilakukan di Tahuna dan Manado. Mengingat Sitaro wilayah kepulauan, pastinya akan memakan waktu dalam melakukan kepengurusan dokumen," tuturnya.

Kemungkinan, lanjut Londok, pendaftaran akan membludak pada H-7 sebelum ditutup. "Di sisi lain ada beberapa aturan yang ketat untuk membatasi para bacaleg ini. Seperti mantan narapidana narkoba, pedofil dan korupsi, dipastikan tidak memenuhi syarat. Jikapun ada yang terlibat kasus lainnya dan berstatus sebagai mantan narapidana  persyaratan wajib adalah melakukan pengumuman di media massa serta melampirkan surat keterangan dari pengadilan ke pihak KPU," terangnya.

Sedangkan untuk bacalag yang berstatus anggota DPRD, yang diusung bukan dari partainya saat ini, wajib menyertakan surat telah mengundurkan diri dan diterima pimpinan DPRD. "Serta surat pimpinan DPRD yang menyatakan proses pemberhentian, sementara berproses," kuncinya.(drp/gel)

Kirim Komentar