06 Jul 2018 10:25

Pemkab Bolmong Sorot Pelayanan PLN

MyPassion
Tahlis Gallang

MANADOPOSTONLINE.COM—Kinerja pelayanan PLN disorot. Pasalnya, Kamis (5/7) kemarin, pelayanan publik di kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong lumpuh, karena terjadi pemadaman listrik tanpa alasan yang jelas. 

"Karena terjadi pemadaman listrik, maka warga yang datang di kantor Pemkab Bolmong dan SKPD terpaksa harus pulang, karena tidak bisa mendapatakan pelayanan yang mereka butuhkan. Sebab listriknya padam," ungkap Yeni Daengali, warga Inobonto. 

Menanggapi hal tersebut, Pemkab melalui Sekkab Bolmong Tahlis Gallang menyesalkan, pasokan listrik dan pelayanan PLN yang tidak maksimal. "PLN harusnya menjelaskan kepada masyarakat atau membuat surat edaran bakal ada pemadaman. Memang manajemen PLN perlu memperbaiki kinerjanya, ada banyak hal yang menurut pengamatan Pemkab Bolmong sangat janggal dan berpotensi masalah hukum,” katanya.

Salah satunya kata Sekkab, tagihan rekening lampu jalan di Bolmong. “Beberapa bulan lalu telah dibentuk tim verifikasi keberadaan lampu jalan di Bolmong yang memakan biaya listrik pertahunnya mencapai hampir Rp 7 miliar," ungkapnya. 

Menurut Sekkab, hasil verifikasi lampu jalan tersebut ternyata terdapat ratusan tiang lampu jalan yang tidak ada lagi. Dan ada beberapa tiang yang sudah tidak berfungsi lagi. "Namun herannya tagihannya tetap seperti itu dari tahun ke tahun,” sebutnya.

Lanjutnya, lebih mengherankan lagi  Pemkab meminta PLN untuk menghapus lampu jalan yang tidak ada fisiknya dan lampu jalan yang tidak berfungsi lagi, tapi sampai saat ini tagihannya masih berjalan terus. “Bahkan, permintaan Pemkab untuk melakukan MoU kembali sengaja di ulur-ulur oleh PLN," katanya.

Permasalahan ini juga mendapat kritikan beberapa masyarakat. Mereka meminta agar pihak penegak hukum segera menindaklanjuti permasalahan tersebut. "Bisa saja kondisi itu sengaja dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu di PLN, untuk mencari keuntungan pribadi," tambah Junaidin yang mengaku Warga Padang. 

Sementara itu, salah satu petugas PLN Rayon Inobonto yang tak mau namanya dikorankan menyampaikan, ketika mendapat informasi lampu padam langsung turun melakukan pengecekkan di Pemkab Bolmong. "Kami mendapat informasi ada keluhan soal listrik padam. Setelah melakukan pengecekkan terdapat kabel sambungan di belakang Kantor Bupati putus. Jadi kami langsung memperbaiki, saat ini juga listrik sudah menyala dan pelayan sudah normal kembali," katanya. (cw-03/ite)

 

Kirim Komentar