06 Jul 2018 13:37

Pembayaran Bersamaan dengan Pensiunan Juli, 47 Ribu Pensiunan Mulai Terima Gaji 13

MyPassion
Grafis

MANADOPOSTONLINE.COM—Pembayaran gaji 13 disertai gaji reguler Juli mulai dibayar sejak awal pekan. Pensiunan pun sudah bisa menarik uangnya di 13 mitra bayar yang bekerja sama dengan PT Taspen (persero) sebagai BUMN yang bertanggung jawab menyalurkan dana pensiun. “Pembayaran sudah mulai dilakukan. Dapat dicek di 13 mitra bayar kita (lihat grafis, red),” ucap Kepala Taspen Kantor Cabang Manado Rachmat Sujana. Dia membeber, alokasi anggaran untuk pembayaran gaji 13 pensiunan di Sulut ini menyentuh Rp 113,2 miliar.

Anggaran ini, lanjut Sujana, belum termasuk alokasi anggaran untuk gaji pensiun reguler Juli. “Dana itu sudah kami salurkan kepada 47 ribu pensiunan dengan jumlah total Rp 230,3 miliar. Rinciannya untuk gaji reguler Juli Rp 117,1 miliar dan gaji 13 Rp 113,2 miliar,” beber Sujana. Pemberian gaji 13 terhadap pensiunan ini, kata Sujana, adalah bukti perhatian pemerintah kepada para pensiunan. “Ini sebagai upaya peningkatan  kesejahteraan masyarakat dan guna memberikan bantuan pendidikan bagi para putra dan putri pensiunan menyambut tahun ajaran baru,” pungkas dia.

Sementara dari segi ekonomi, pengamat ekonomi Sulut Dr Robert Winerungan mengatakan, pemberian gaji 13 bagi pensiunan ini sebagai upaya pemerintah guna meningkatkan daya beli masyarakat. “Ini merupakan usaha pemerintah dalam mensubsidi masyarakatnya yang disalurkan melalui pos-pos yang ada,” ungkapnya. Akademisi Univesitas Negeri Manado (Unima) ini melanjutkan, gaji dan gaji 13 bagi pensiunan ini sangat bermanfaat. “Tentu ini membantu mereka dalam upaya meningkatkan kesejahteraan, saya melihat ini sudah tepat sasaran,” ucapnya.

Hal ini, katanya dapat memutar roda perekonomian daerah. “Konsumsi masyarakat tentu meningkat. Hal ini bukan hanya berdampak bagi pensiunan saja tetapi juga bagi masyarakat luas pada umumnya,” pungkas dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unima ini. (tr-05/fgn)

Kirim Komentar