06 Jul 2018 12:26

Parkir Sembarang Biang Macet di Tomsel

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Peningkatan ekonomi daerah, pertambahan penduduk yang tak diimbangi pelebaran jalan. Tingkat kepadatan kendaraan pun tak terhindarkan. Kemacetan pun kerap terjadi. Khususnya di Kecamatan Tomohon Selatan (Tomsel) tumpukan kendaraan yang parkir liar jadi biang macet.  “Seperti di perempatan Kelurahan Walian. Kondisi jalan yang sempit, akses menuju perkantoran dan pemerintahan, banyak mobil parkir persis di tikungan. Nah, kadang menyebabkan macet panjang,” keluh Lucy Langitan, pengguna jalan yang merupakan warga Paslaten.

Senada, Alfrets Kaunang warga Rurukan pun menyayangkan kinerja instansi terkait. Yang seharusnya bisa lebih menempatkan personil di beberapa lokasi yang kerap macet.  “Harusnya ada anggota dari Dinas Perhubungan (Dishub) stand by. Saya hampir setengah jam kendaraan tak bisa bergerak,” keluh Kaunang.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kota Tomohon Steven Waworuntu ketika dikonfirmasi menyatakan, keterbatasan personil di lapangan menjadi kendala tersendiri.  “Jumlah pegawai plus honorer yang menangani bidang administrasi tak lebih dari 30 orang. Ini memang jadi kendala,” kelit dia.

Sebelumnya, Kepala Bidang Sumber Daya Aparatur Dan Linmas Edwin Kalengkongan menyatakan, upaya tegas menangani aksi parkir liar dan sembarang terus dilakukan. “Ada Perwako nomor 7/2017, tentang ketertiban umum. Nah, didalamnya diatur juga bagi kendaraan yang kedapatan parkir di atas trotoar akan dikempiskan bannya. Termasuk yang parkir di ruas jalan yang sempit,” terang Kalengkongan. (jul/fgn)

Kirim Komentar