06 Jul 2018 10:21

Jago Merah Lalap Rumah Warga Mitra

MyPassion
Warga membantu mengevakuasi barang-barang korban, serta turut membantu memadamkan api. (Dok Polisi)

MANADOPOSTONLINE.COM—Kebakaran terjadi di Desa Tababo Jaga III, Kecamatan Belang, Kamis (5/7). Satu rumah milik Keluarga Ilolu-Malingkas menjadi sasaran amuk si jago merah. Peristiwa terjadi sekira jam 10.20 Wita.

Dari penuturan warga api berasal dari warung tepat berada didepan rumah keluarga Ilolu Malingkas. Kemudian api merambat hingga ke rumah dengan cepat. Kejadian pertama kali diketahui usai warga mendengar teriakan kebakaran dari pemilik rumah. "Kami langsung bergegas memberikan bantuan berupa penyiraman secara manual," ," ujar Rahmat Tongkali, warga Desa Tababo Jaga III, Kecamatan Belang.

Kapolsek Belang AKP Budi Mantoyo menyatakan, kebakaran diduga disebabkan karena arus pendek atau korsleting. "Kami masih sementara selidiki. Namun hasil sementara diduga keras, karena adanya arus pendek yang berasal dari dalam warung,” katanya.

Kebakaran lanjut Mantoyo, berlangsung cepat. Karena dalam warung terdapat barang-barang yang mudah terbakar seperti kardus dan pakaian. “Api merambat cepat ke rumah korban. Namun untung tak korban jiwa dalam kejadian ini," tambahnya.  Meski begitu, Mantoyo menjelaskan kerugian ditaksir mencapai sekira Rp 200 Juta. "Ada uang tunai yang kurang lebih 40 juta ikut terbakar. Serta Laptop Barang-barang jualan, kursi, meja, lemari, Pakaian keluarga, hingga surat kendaraan dan surat kepemilikan rumah," tandasnya. 

Sementara itu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Mitra melalui Bidang Damkar menjelaskan, pihaknya mendapatkan laporan sekira jam 10.30 siang. Untungnya setiba di lokasi, pihaknya mampu meredam api agar tidak menjalar ke rumah warga lain. "Kan di situ pemukiman padat penduduk. Namun untungnya kami dibantu warga sekitar sudah mampu meredam api. Supaya tidak menjalar ke rumah warga lainnya," jelasnya.(cw-01/gnr)

Kirim Komentar