06 Jul 2018 12:21

H-1 Pemilu, Disdukcapil Minut Buka 24 Jam

MyPassion
Anita Enoch

MANADOPOSTONLINE.COM—Beredarnya isu, ribuan warga Minahasa Utara (Minut) terancam tidak dapat menyalurkan hak pilih pada pesta demokrasi, karena belum memiliki E-KTP, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) angkat bicara.

Disdukcapil Minut melalui Kepala Bidang Anita Enoch mengatakan, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin, agar semua warga yang belum memiliki E-KTP akan dikondisikan dan difasilitasi. "Kami akan mengenjot pembuatan E-KTP. Tetapi, bila masih akan mencetak, kami berikan dulu Surat Keterangan (Suket)," ucapnya.

Lanjut Enoch, kumtua juga diharapkan bekerja sama dan harus proaktif. Karena masyarakat yang belum memiliki E-KTP itu kumtua yang paling tahu, karena semua data ada di desa.

Enoch menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan kumtua, agar mereka bisa memasukan data warga yang belum melakukan perekaman. "Jadi tahun depan, saat akan mendekati hari pemilihan, kami akan buka kantor 1x24 jam untuk menerima mereka yang akan membuat E-KTP. Selian itu, ketika ada warga yang sudah memiliki umur untuk layak memilih, Disdukcapil tetap akan melayani dalam pembuatan Suket. Jadi kalau ada masyarakat yang belum ada E-KTP akan dilayani dengan pembuatan Suket," tutupnya.(tr-04/ria)

Kirim Komentar