06 Jul 2018 09:56

Disdukcapil di Sitaro Door to Door Rekam KIA

MyPassion
Grafis

MANADOPOSTONLINE.COM—Perekaman Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Kepulauan Sitaro, segera running. Hal tersebut diungkapkan Kadis Dukcapil George Bawole, ketika diwawancarai, Kamis (5/7) kemarin. Ia membeberkan, saat ini pihaknya tengah melakukan berbagai persiapan untuk turun melakukan perekaman. "Kita sudah membagi tim yang nantinya turun langsung melakukan pelayanan di tempat," ucapnya

Memang lanjut Bawole, untuk perekaman KIA ini tergolong mudah. "Sebab bagi anak usia sekolah 5-16 tahun kita tinggal berkoordinasi dan menyambangi sekolah dalam melakukan perekaman. Termasuk proses pemotretan. Karena KIA, fotonya dipasang sendiri sesuai perkembangan usia anak. Sedangkan bagi usia 0-5 tahun rencananya proses perekaman dilakukan door to door, maupun di kantor kelurahan dan desa masing-masing," ujarnya. Namun, meski proses perekaman telah dilakukan, untuk pencetakan pihaknya menunggu setelah selesai pembahasan APBD Perubahan. “Sebab kita masih terkendala tidak tersedianya printer. Makanya kita telah mengusulkan menganggarkan di APBD Perubahan. Proses distribusi cukup mudah. Kita tinggal berkoordinasi dengan pemerintah kampung/kelurahan maupun pihak sekolah untuk melakukan penyaluran," jelasnya.

Ia menambahkan, untuk ketersediaan blangko saat ini telah ada sekira 4.000 buah. "Memang jumlah anak yang ada jauh lebih banyak. Namun pastinya kita akan menambah sesuai kebutuhan. Karena ini program baru, realisasinya dilakulan bertahap," pungkasnya. (drp/gel)

Kirim Komentar