06 Jul 2018 12:39

DPRD Tomohon Tolak Eks Koruptor Nyaleg

MyPassion
Miky Wenur

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemberlakuan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 20/2018 masih menimbulkan pro dan kontra. Utamanya di Pasal 7 huruf G, yang secara tegas menyatakan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) baik DPRD tingkat Kabupaten kota/provinsi, DPR-RI hingga DPD tidak dapat mencalonkan diri jika pernah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi. Ketua DPRD Tomohon Miky Wenur menyatakan, sudah selayaknya bagi seluruh calon wakil rakyat untuk mematuhi aturan sesuai dengan amanah konstitusi. “Ini kan semangatnya jelas, pemberantasan korupsi. Bukan sengaja menghalang-halangi siapapun yang hendak maju di kontestasi nanti,” ungkap Wenur.

Lanjut dia, soal caleg yang berkeinginan untuk maju, sudah selayaknya mempersiapkan yang terbaik. Memberikan diri, mampu mengawal amanah rakyat, termasuk bersih dari tindak pidana korupsi. “Ibaratnya barang yang kita tawarkan ke konsumen itu kan harus bagus, agar laku dijual,” ujar dia.

Senada, Wakil Ketua DPRD, Carroll Senduk menyatakan, upaya peningkatan kualitas calon wakil rakyat dalam rangka mengawal aspirasi rakyat. Bermula dari kredibilitas seseorang yang mengajukan diri sebagai wakil rakyat. “Setiap calon tentunya sudah punya kesiapan, konstitusi telah ditetapkan. Intinya, bagaimana kita mewujudkan cita-cita negara bersama memberantas korupsi,” singkat Senduk. (jul/fgn)

Kirim Komentar