06 Jul 2018 12:08

Bacaleg Manado `Serbu` Pengadilan Negeri

MyPassion
Vincentius Banar

MANADOPOSTONLINE.COM—Ratusan bakal calon legislatif (bacaleg) ‘serbu’ Pengadilan Negeri (PN) Manado. Kedatangan mereka guna mengurus surat keterangan belum pernah terjerat tindak pidana. Terpantau Kamis (5/7) pagi kemarin, pelayanan di lobi Pengadilan Negeri (PN) Manado super sibuk.

Sejak beberapa hari terakhir, ratusan bacaleg sibuk mengurus surat keterangan tersebut, yang menjadi salah satu syarat pendaftaran sebagai calon anggota legislatif tingkat daerah maupun pusat. Saking padatnya, pengurusan surat para bacaleg tersebut berdasarkan data mencapai 500 orang.

Juru bicara PN Manado Immanuel Barru membeberkan, pengurusan administrasi surat keterangan belum pernah dipidana sudah dibuka sejak beberapa hari belakangan. “Semenjak itu, ratusan bakal caleg terus memadati PN Manado, khususnya di bagian pengurusan administrasi tersebut,” sebutnya di lobi PN Manado, Kamis (5/7).

Ditambahkannya, dalam proses pembuatan surat keterangan tersebut, tidak ditarifkan biaya apapun. “Untuk pengurusannya tidak ada biaya sepeser pun alias gratis. Namun ada aturan yang harus dipahami para bacaleg, yaitu yang dilayani adalah bacaleg yang KTPnya berada di wilayah PN Manado. Di luar itu tidak bisa berproses,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt Ketua PN Manado Vincentius Banar saat ditemui di ruangannya mengatakan, dirinya sudah memberikan instruksi bagi jajarannya terkait pengurusan tersebut. “Saya sudah sampaikan instruksi terkait hal tersebut yaitu, cek data pengajuan secara teliti, kemudian sebelum ditandatangani Plt Ketua PN Manado, harus sudah diparaf oleh Panitera atau Panmud Hukum terlebih dahulu. Selanjutnya semua pemohon diperlakukan sama, tidak didahulukan atau dimudahkan, jadi semua harus sesuai ketentuan,” tegas Banar.

Sebagai Plt Ketua PN Manado, Banar juga mengapresiasi seluruh pegawai PN Manado yang bekerja maksimal. “Apresiasi bagi semua yang bahkan mau bekerja lembur sampai larut. Torang cinta PN Manado,” pungkasnya.(rgm/gnr)

Kirim Komentar