05 Jul 2018 12:20

Tomohon Kekurangan 500 PNS

MyPassion
Daniel Pontonuwu

MANADOPOSTONLINE.COM—Komposisi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Tomohon masih jauh dari ideal. Baik dari sisi jumlah maupun tingkat beban kerja yang diterima. Walaupun mampu menekan angka belanja tidak langsung namun, efektivitas dan efisiensi kinerja sepertinya digenjot hingga limit akhir. “Kita kurang sekira 500 PNS. Ini sudah akumulasi semua SKPD. Bahkan, ada satu posisi Kasubid yang tak memiliki staf,” beber Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Tomohon Daniel Pontonuwu melalui Kabid Perencanaan Administrasi Kepegawaian Eden Kawung.

Dikatakan, koordinasi bersama SKPD terkait terus dilakukan. Guna memaksimalkan fungsi dan potensi masing-masing PNS. “Salah satunya melalui pelaksanaan kegiatan fasilitasi analisis jabatan dan analisis beban kerja baru-baru ini,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Bagian Organisasi dan SDM Marthine Mamesah menambahkan, penentuan penambahan PNS murni ditentukan bersama. “Tapi jangan lupakan, kita punya tenaga cadangan. Ada honorer dan tenaga kontrak, totalnya ada sekira 700 orang. Ada kebijakan untuk tidak membuka jalur umum, kita masih bisa memberdayakan potensi tersebut,” ujarnya.

Diketahui, Kota Tomohon tahun ini hanya memplot sekira 300 jatah CPNS. Prioritas berasal dari tenaga honorer dan kontrak. Dengan klasifikasi utama yakni tenaga medis dan pendidik. (jul/fgn)

Kirim Komentar