05 Jul 2018 12:30

Sistem Baru Percepat Proses Regulasi

MyPassion
Nova Rompas

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah pusat telah menginstruksikan kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota untuk mempercepat proses regulasi yang berkenaan dengan investasi. Kemudahan ini didukung dengan program one single submission (OSS).  “Dari sisi investasi tentunya ini memberikan angin segar bagi pelaku usaha. Begitupun yang kini tengah didorong Pemkot Tomohon. Termasuk lewat pemberlakuan Perda kemudahan dan insentif usaha yang siap dirampungkan sebelum triwulan III nanti,” ucap Kepala Dinas Penanaman Modal, Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tomohon Nova Rompas.

Selain itu, lanjut dia, kewajiban untuk memberlakukan mekanisme OSS. “Nantinya semua perizinan wajib terintegrasi sistem,” ungkap Rompas. Dikatakanya, dari mekanisme tersebut, selain memudahkan dan mempercepat proses perizinan juga bisa melakukan pendataan bagi semua investor yang ada di daerah. “Jadi tinggal langsung input nama CV atau PT nya, nanti akan keluar entry datanya, di mana saja mereka melakukan usaha serupa,” jelas dia.

Selain itu, investor juga bisa menggunakannya untuk mengurus perizinan lain. “Sehingga  tidak perlu repot-repot melakukan register ulang saat mengurus perizinan lain,” bebernya.

Terpisah, Ketua Pansus Ranperda Kemudahan dan Insentif Usaha DPRD Kota Tomohon  Pungus  mengatakan, semua proses perizinan dan regulasi bakal diperlonggar. “Guna merangsang minat pelaku usaha berinvestasi di Tomohon. Meski begitu, pemenuhan proses dan administrasi berkas bukan berati tidak mengacu pada aturan yang fundamental,” beber dia.

Misalnya, izin mengantongi Amdal, UKL dan UPL itu wajib. “Hanya saja, proses dan waktunya kita percepat, sekaligus memberikan benefit lebih bagi investor. Bebas dalam berinvestasi, tapi masih dalam batas-batas aturan yang berlaku,” ujar Pungus. Diketahui, hingga akhir Juni, DPMPTSP telah mengantongi nilai investasi kurang lebih Rp 130 milair. Dengan sektor pariwisata, jasa dan retail jadi kontributor utamanya. (jul/fgn)

Kirim Komentar