05 Jul 2018 15:27

Sanksi Bagi Mamonto Tunggu Hasil Inspektorat

MyPassion
Sofyan Alhabsy

MANADOPOSTONLINE.COM—Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim meng-hearing Sangadi Inanton Ismawati Mamonto, terkait dugaan penyelewengan dana Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Ketua Komisi Satu DPRD Boltim Sofyan Alhabsy menegaskan, pemeriksaan sudah dilakukan. Saat ini tinggal menunggu hasil dari Inspektorat. "DPRD hanya mengawasi. Jika terbukti bersalah, harus dihukum. Entah itu diberhentikan dan hukuman sesuai dengan perbuatan yang dilakukan. Tapi untuk saat ini belum dapat dipastikan. Karena semua orang berhak mendapatkan asas praduga tidak bersalah. Jadi kita pun harus menunggu dan mengikuti prosedurnya," katanya.

Dia pun berpesan, kepada semua sangadi yang ada agar menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan kewenangan yang diberikan. "Jangan mengambil keputusan sendiri. Apalagi tanpa sepengetahuan masyarakat. Karena saat ini masyarakat itu sudah semakin cerdas. Dan mereka bisa melakukan protes jika ada yang salah,” ujarnya.  

Karena itu, katanya, semua sangadi harus berhati-hati. “Bahkan kita semua pun harus berhati-hati dalam mengikuti dan menjalankan tugas sehari-hari," pesannya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Boltim Slamet Umbola menjelaskan, pasca hearing pekan lalu, Komisi Satu DPRD sudah melakukan kunjungan di desa tersebut. "DPRD sudah mengunjungi langsung dan melihat bagaimana tanggapan warga dengan kepemimpinan sangadi.  Pemkab tinggal tunggu rekomendasi. Karena saat ini  Inspektorat juga masih melakukan  pemeriksaan," jelasnya.

Dia meminta, agar masyarakat Desa Inanton menunggu hasil pemeriksaan tersebut. "Jika dalam proses pemeriksaan terbukti sangadi melakukan penyelewengan, maka pasti akan diproses. Tapi, Inspektorat yang lebih berwenang kalau soal anggaran," katanya.

Diketahui kasus tersebut bermula dari tuntutan warga Inaton yang menduga sangadi telah melakukan penyelewengan anggaran BUMDes 2016 sebesar  Rp 57.800.000. Sampai saat ini tidak jelas peruntukannya. (tr-01/ite)

 

Kirim Komentar