05 Jul 2018 12:25

Pemkot Tomohon Seriusi Penyakit Campak

MyPassion
Deesje Liuw

MANADOPOSTONLINE.COM—Virus Measles Rubella (MR) yang menyebabkan Campak Jerman jadi salah satu yang kini diseriusi Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon. “Khususnya yang menyerang ibu hamil. Penyakit ini sebenarnya tidak mengenal batasan usia, kelas sosial ekonomi masyarakat dan faktor kebersihan. Ini yang tengah kita seriusi saat ini,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Tomohon dr Deesje Liuw.

Lebih jauh, Liuw menyatakan, upaya tersebut bukannya tanpa alasan. Ada satu korban jiwa diakibatkan penyakit infeksi virus yang ditandai dengan ruam merah pada kulit ini. “Ibunya selamat tapi anak yang dikandung meninggal. Baru satu kasus itu, tapi secara nasional sudah ada kurang lebih 600 kasus terjadi tiap tahunnya se-Indonesia,” imbuh dia.

Sementara, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular dr Amanda Londok menambahkan, salah satu cara efektif mencegah penyakit ini melalui vaksin Measles.  “Imunisasi MR nanti direncanakan bulan Agustus, ada kurang lebih 21 ribu anak-anak yang akan kita vaksin tahun ini, mulai dari usia balita hingga usia 15 tahun,” paparnya sembari menambahkan agar menghindari kontak dengan penderita sebisa mungkin. “Khususnya untuk ibu hamil yang belum menerima vaksin MR atau MMR dan orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah,” pungkas dia. (jul/fgn)

Kirim Komentar