05 Jul 2018 14:33

Peminat Tinggi, Omzet Bunga Hias Puluhan Juta

MyPassion
Salah satu sentra usaha bunga hias di Kelurahan Molinow, Kecamatan Kotamobagu Barat, Rabu (4/7). (Claudia Rondonuwu/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Usaha bunga hias menjadi bisnis yang cukup menjanjikan di Kotamobagu. Hal ini dibuktikan sendiri Susanti Hayat, pemilik usaha bunga hias di Kelurahan Molinow, Kecamatan Kotamobagu Barat.

Usaha bunga hias yang ia beri nama Thiana Nursery itu, sudah berjalan dua tahun. Omzet rata-rat per bulan, bisa mencapai Rp 20-25 juta. “Soal harga tidak terlalu mahal. Mulai dari 20 ribu hingga paling mahal 2,5 juta rupiah. Tergantung jenis dan kualitas bunga tersebut," ungkap ibu dua anak ini, saat kemarin (4/7). Ia sibuk menata agronema, anggrek, antorium, kaktus dan bromelia, yang menjadi andalannya.

Pelanggan Thiana Nursery, ditambahkan suami Susanti, Juliady Pobel, tak hanya dari Kotamobagu saja. Dia mengaku sering kewalahan melayani pembeli yang datang dari Minahasa Raya, Manado, hingga Gorontalo. "Cukup kewalahan melayani pembeli, sebab waktu kami slalu terbagi antara tugas sebagai guru," tuturnya.

Lanjut Juliady, ke depan usaha ini akan dikembangkan. Pasalnya, selain iklim Kotamobagu sangat membatu pertumbuhan bunga hias ini, juga  dapat memberikan peluang lapangan pekerjaan bagi warga di sekitarnya. "Dalam satu minggu itu bisa menanm 500 hingga 700 pohon, tentunya itu perlu tenaga pembantu," pungkasnya.(tr-06/tan)

Kirim Komentar