05 Jul 2018 14:21

Mahasiswa Tingkat Akhir di Mitra Dapat 2,5 Miliar

MyPassion
Djelly Waruis

MANADOPOSTONLINE.COM—Program bantuan akhir studi untuk mahasiswa kembali akan direalisasikan. Bahkan tahun ini Pemerintah Kabupaten Mitra menyediakan anggaran sebesar Rp 2,5 miliar.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Djelly Waruis menyebutkan, penyaluran bantuan akhir studi mahasiswa masih sama seperti tahun lalu. Yaitu disediakan untuk mahasiswa program Diploma (D3) sampai calon doktor (S3). Namun untuk total tahun disediakan 2,5 miliar.

“Program bantuan studi tetap kami anggarkan. Bahkan sudah tertata di APBD Induk 2018. Serta untuk penyalurannya bervariasi mengikuti jenjang pendidikan. D3 menerima 2,5 juta, S1 5 juta. Sementara untuk S2 7,5 juta. Sedangkan S3 mendapatkan 12 juta," jelasnya.  

Meski begitu, untuk penerima bantuan nanti dikatakan harus memenuhi beberapa persyaratan. Yakni berupa e-ktp Mitra, surat keterangan dari universitas yang bersangkutan harus mahasiswa tingkat akhir. Serta berasal dari universitas yang terakreditasi. Karena hal tersebut menurut Waruis, menjadi apresiasi dari BPK terkait mekanisme persyaratan penerima. "Tentu standar persyaratan tetap seperti tahun lalu. Karena itu menjadi apresiasi dari BPK," terangnya.

Adapun untuk saat ini, dijelaskan Waruis, bantuan tersebut sudah dalam tahap pemasukan berkas. Sedangkan untuk penetapan jumlah penerima bakal dilakukan usai Pilkada. "Sudah ada beberapa yang masukan berkas. Untuk penerima  yang lolos nanti akan diumumkan usai Pilkada nanti," jelasnya.

Untuk itu, Waruis meminta bagi calon penerima nanti supaya pro aktif. Karena berkaca dari tahun lalu banyak yang terbilang kurang pro aktif. “Misalnya mereka hanya memasukkan berkas. Namun setelah itu hanya dibiarkan. Sementara pihak kami berupaya keras menghubungi masing-masing penerima,” tandasnya.(cw-01/gnr)

Kirim Komentar