05 Jul 2018 12:50

Kapolri Cup Pertajam Teknik Atlet Tinju

MyPassion
Jhoni Asadoma

MANADOPOSTONLINE.COM—Kejuaraan Tinju Kapolri Cup II mulai kembali bergulir di hari kedua. Bertempat di KONI, Sario, Rabu (4/7) kemarin. Sebanyak 18 atlet berlaga di sesi pertama.

Beberapa yang turun dalam pertandingan kali ini, adalah atlet Pelatnas yang ikut kompetisi guna mempertajam teknik dan taktik. Pasalnya, dalam pertandingan tersebut, para atlet berkesempatan mempelajari teknik atlet lainnya, baik lokal maupun dari mancanegara.

Dijelaskan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Persatuan Tinju Amatir (Pertina) Indonesia Brigjen Pol Jhoni Asadoma, melihat permainan para atlet dari luar negeri, ada banyak teknik yang perlu dipelajari para atlet yang akan turun Pelatnas.

“Ada tiga atlet perempuan yang ikut Asian Games yang kita uji coba teknik dan taktik di Piala Kapolri ini. karena memang salah satu tujuan penyelenggaraan Kapolri Cup ini adalah memberikan pengalaman bertanding bagi atlet, supaya mereka kuat mental di atas ring,” sebut Asadoma, juga wakapolda Sulut.

Di sisi lain, ia mengakui para atlet perempuan masih butuh banyak persiapan dan latihan. “Saya melihat dari segi teknik dan taktik memang perlu ditingkatkan lagi. Kita masih punya waktu satu setengah bulan lagi untuk meningkatkannya. Namun saya optimis mereka bisa,” tambahnya.

Meski masih harus banyak belajar dari segi teknik dan taktik, Asadoma mengapresiasi fisik para atlet dari Pelatnas. “Untuk fisik dan stamina saya rasa sudah cukup baik dan bagus. Tapi tetap mereka perlu banyak sparing untuk mentalitas dan kematangan mereka di atas ring. Kalau untuk kemenangan di Asian Games, medali emas kita lebih menargetkan dari para atlet pria, sedangkan untuk wanita kita cukup targetkan perak saja,” tuturnya. “Namun tetap mereka akan memberikan yang terbaik dan kesempatan berlatih untuk meningkatkan kemampuan di Kapolri Cup II ini,” pungkas Asadoma, jenderal berpangkat bintang satu.(rgm/gnr)

Kirim Komentar