05 Jul 2018 10:30

Dandes Enam Kampung di Sangihe Belum Cair

MyPassion
Jeffry Gaghana

MANADOPOSTONLINE.COM—Ada 145 kampung tersebar di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Namun, masih 6 kampung yang belum bisa merealisasikan dana desa (dandes) tahap I. Padahal ini sudah memasuki bulan Juli 2018. Persoalan ini dibenarkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sangihe Jeffry Gaghana SH.

Dikonfirmasi harian ini Rabu (4/7) kemarin, Gaghana menyebutkan, langkah yang akan dilakukan mendatangi serta mengonfirmasi kenapa desa-desa ini, belum bisa mendapat bantuan tersebut.

“Jadi memang sampai dengan saat ini yang sudah mendapat dandes tahap pertama sudah ada 139 kampung dari 145 kampung di Sangihe. Sisanya 6 kampung belum dapat,” beber Gaghana.

Mantan Pelaksana Tugas Kadis Kesehatan ini menegaskan, pihaknya dalam waktu dekat ini akan berupaya merealisasikan dandes tahap pertama supaya bisa disalurkan 100 persen. “Sebab sudah ada beberapa kampung yang sudah siap mendapat dandes tahap kedua. Sehingga kampung yang belum mendapat dandes tahap pertama diharapkan segera memasukkan dokumen sebagai syarat pencairan,” ungkap Gaghana.

Disentil terkait sejumlah kampung yang dilaporkan ke aparat penegak hukum, lantaran disinyalir terlibat penyimpangan dalam pengelolaan, Gaghana hanya menyatakan, jika sifatnya penyalahgunaan keuangan, pihaknya tidak akan masuk dalam ranah tersebut. “Asalkan sesuai prosedur, kalau ada penyimpangan harusnya di tangani oleh pihak inspektorat kabupaten terlebih dahulu, meski itu laporan dari masyarakat. Namun yang pasti bila ada temuan yang muaranya merugikan negara, kami juga tidak akan masuk kedalamnya, itu merupakan kewenangan aparat hukum,” tegasnya.(wan/gnr)

Kirim Komentar