04 Jul 2018 12:36

Tak Miliki Dokumen, WNA Dipulangkan

MyPassion
James Sembel

MANADOPOSTONLINE.COM—Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tahuna James Sembel menjelaskan, warga negara asing (WNA) bisa tinggal di Indonesia. Dengan syarat, harus mengantongi dokumen keimigrasian dan izin tinggal lengkap, dan masih berlaku sesuai tujuan kegiatan.

“Jadi ada aturannya. Setiap orang asing yang berada di wilayah Indonesia, wajib memiliki dokumen perjalanan (paspor, red), dan juga harus memiliki izin tinggal yang masih berlaku dan sah selama berada di Indonesia,” jelasnya saat dikonfirmasi, menyusul adanya penangkapan dua WNA di Kampung Beeng Darat tanpa dokumen.

Lanjutnya, semuanya sudah diatur sebagaimana dalam UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Sementara, berdasarkan Perpres 21 tahun 2016 tentang Bebas Visa Kunjungan, WNA asal Filipina termasuk di dalam daftar 169 negara yang dapat diberikan izin tinggal bebas visa kunjungan selama 30 hari dalam rangka berkunjung.

Namun jika ingin bekerja atau menetap untuk sementara karena menikah dengan WNI, yang bersangkutan dapat mengajukan kartu izin tinggal terbatas di Kantor Imigrasi setempat.

“Jika semua ketentuan dan prosedur keimigrasian telah dilalui, setiap orang asing dapat tinggal dan menetap di Indonesia secara sah tanpa takut ditangkap oleh aparat atau petugas Imigrasi yang sedang melakukan pengawasan,” tutup Sembel.(wan/gnr)

Kirim Komentar