04 Jul 2018 09:28

Seleksi Bacaleg Makin Ketat

MyPassion
Elsye Sinadia

MANADOPOSTONLINE.COM—Diterbitkannya Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Nomor 20/2018 tentang Pencalonan Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, dipastikan bakal mengganjal rencana pencalonan bakal calon legislatif (bacaleg) yang pernah terlibat tindak pidana.

“Pada hajatan akbar nanti, ada bakal calon legislatif yang tidak akan lolos lantaran terganjal dengan syarat yang diatur dalam Peraturan KPU Nomor 20 tahun 2018,” beber Ketua KPUD Sangihe Elsye Sinadia, Selasa (3/6).

Menurutnya, bacaleg tidak boleh pernah berstatus sebagai terpidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum. “Khususnya terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak dan korupsi. Kami ke Manado baru-baru ini dalam rangka membahas peraturan tentang pengajuan bakal calon dan syaratnya,” sebutnya lagi.

Lanjut dikatakan Sinadia, pada dasarnya KPUD Sangihe akan menerima pengajuan bakal calon yang dimasukkan setiap partai politik. “Untuk perkembangan ke depan seperti apa, masih ada tahapan verifikasi oleh KPU. Yang pasti dalam syarat dalam aturan tersebut, mencantum syarat bagi calon tidak pernah jadi terpidana kasus narkoba, kejahatan seksual  anak dan korupsi,” tegasnya.

Dia juga menambahkan, tahapan saat ini masih seleksi bakal calon di masing-masing parpol. “Nanti tanggal 4 hingga 17 Juli sudah tahapan pengajuan bakal calon dari semua partai ke KPU,” tandasnya.(wan/gnr)

Kirim Komentar