04 Jul 2018 10:44

Parpol di Boltim Terima Bantuan 444 Juta

MyPassion
Grafis

MANADOPOSTONLINE.COM—Sembilan Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Boltim kecipratan bantuan Rp 444 juta.  Dari sembilan Parpol, paling banyak menerima Partai Amanat Nasional (PAN), karena pada pemilihan sebelumnya meraih suara terbanyak 6.628 (lihat grafis, red).  Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Boltim Arsad Mamonto, melalui Kabid Poldagri Haris Mokoginta.

Menurut dia, dana untuk Parpol  sudah ada. Anggaranya sama dengan tahun-tahun sebelumnya, sekira Rp 444 juta. Lanjutnya, masing-masing Parpol akan menerima bantuan dengan jumlah yang berbeda. Karena bantuan yang diberikan dilihat dari besarnya suara yang diraih. "Hingga saat ini Parpol yang memiliki suara terbanyak itu masih PAN. Disusul Golkar, PDIP dan Hanura. Jadi Parpol ini menerima bantuan lebih banyak," katanya.

Dia menekankan, bantuan tersebut diberikan kepada semua Parpol untuk pembiayaan sosialisasi partai dan kegiatan internal partai lainnya. Untuk pencairannya, akan diserahkan kepada masing-masing partai. “Karena pencairan tersebut dapat dilakukan apabila semua Parpol sudah tidak ada persoalan lagi dengan penggunaan anggaran di tahun lalu," katanya.

Dia mengatakan, hasil audit dari BPK baru diserahkan pada pertengahan bulan Juni lalu. “Jika semua Parpol tidak ada masalah dan penggunaan anggaranya tepat, maka untuk anggaran bantuan tahun ini sudah bisa dicairkan," katanya.

Terpisah, Ketua Partai Hanura Boltim Chandra Modeong ketika dikonfirmasi mengaku, pihaknya belum mengajukan pencairan bantuan tersebut. "Masih belum. Nanti saja," singkatnya. Diketahui bantuan dana kepada Parpol diberikan secara profesional sesuai dengan peraturan yang berlaku dengan mengikuti jumlah suara. (tr-01/ite)

 

Kirim Komentar