03 Jul 2018 11:45

Perda RPJMD Maksimal Maret 2019

MyPassion
Bupati Royke Roring didamping Sekkab Jeffry Korengkeng, Ketua DPRD James Rawung dan sejumlah pembicara saat membahas RPJMD Kabupaten Minahasa dalam Musrenbang kabupaten di Mercure Hotel, kemarin. (Dok Humas)

MANADOPOSTONLINE.COM—September nanti, Kabupaten Minahasa akan memiliki pemimpin baru. Karenanya, penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) wajib dilakukan berdasarkan visi dan misi kepala daerah, paling lambat enam bulan pasca dilantik atau Maret 2019 mendatang. Hal ini disampaikan Pjb Bupati Minahasa Royke Mewoh di sela forum musyawarah rencana dan pembangunan (musrenbang) daerah yang dihelat Badan Penelitian dan Pembangunan (Bappelitbang) di Mercure Manado Tateli Beach Resort, kemarin.

Mewoh menuturkan, undang-undang nomor 25/2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan Permendagri No 86/2017 menyebutkan pendekatan pembangunan daerah berorientasi pada proses dengan menggunakan pendekatan teknokratik, partisipatif, politis. “Dalam penyusunan RPJMD harus didahului penyusunan rancangan teknokratik RPJMD. Ini merupakan dokumen yang memuat kajian empirik dan ilmiah terhadap kondisi, potensi, masalah dan isu-isu strategis yang akan dihadapi Minahasa lima tahun ke depan,” ungkap Mewoh.

Dia mengatakan, setelah bupati dan wakil bupati (wabup) terpilih dilantik, maka RPJMD akan dijabarkan dalam program sesuai dengan visi-misi yang ditetapkan. “Perda RPJMD ditetapkan paling lama enam bulan setelah kepala daerah dilantik. Maka diambil langkah persiapan lebih awal dengan pendekatan teknokratik,” beber Mewoh.

Orang nomor satu di Minahasa ini pun memberikan apresiasi kepada Bappelitbang yang sudah mengadakan kegiatan strategis ini. “Forum Musrenbang ini demi pencapaian nawacita sesuai rencana pembangunan jangka menengah nasional Republik Indonesia (RPJMN-RI) tahun 2015-2019,” pungkas Mewoh.

Musrenbang ini turut dihadiri Sekkab Jeffry Korengkeng, Ketua DPRD James Rawung, Forkopimda, para pejabat serta camat se-Minahasa. (fgn)

 

Kirim Komentar