03 Jul 2018 14:42

Pemkab Bolmong Bangun Dua Bank Sampah

MyPassion
Abdul Latief

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Kabupaten Bolmong akan membangun dua unit bank sampah, di Desa Ibolian dan Desa Mopuya. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Abdul Latief mengatakan, tahun ini sudah dianggarkan pembangunan untuk bank sampah. Ada dua unit, yaitu di Desa Ibolian dan Desa Mopuya. “Masing-masing desa pun sudah mempunyai kelompok yang nantinya akan mengelolah bank sampah ini. Alat-alat pendukungnya juga kita adakan," ungkap Latief. 

Menurut dia, program pembangunan bank sampah ini dimaksudkan agar masyarakat bisa mengelola sampah menjadi hal yang berdampak ekonomis. Baik untuk kelompok mau pun masyarakat sekitar. "Kami juga melakukan pendampingan dan pembinaan kepada kelompok. Nantinya ada juga dari pihak Satker TP3SR Pemprov Sulut yang akan ikut mendampingi," katanya.

"Nantinya kelompok ini yang mengelola sampah. Sehingga sampah organik dan anorganik yang bisa berdampak ekonomis kepada kelompok mau pun masyarakat," ujarnya. 

Ditambahkannya, bagi desa dan kelurahan yang nantinya ingin membangun bank sampah, dari DLH siap memfasilitasi. Asalkan ada lahan dan kelompok pengelolanya. "Kalau ada lahan yang siap untuk dibangun bank sampah, silahkan usulkan kepada kami," tutupnya. (cw-03/ite)

Kirim Komentar