03 Jul 2018 14:29

Kerajinan Batok Kelapa Wakili Boltim di Pameran

MyPassion
Beberapa jenis kerajinan tangan yang berbahan dasar batok kelapa milik warga Desa Buyat. Kerajinan tersebut, menarik perhatian masyarakat. (Ayurahmi Rais/ MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Kreativitas memang tanpa batas. Inilah yang dilakukan oleh Johan Solang (50), salah seorang warga Desa Buyat, Kecamatan Kotabunan. Ditangannya, sebuah batok kelapa mampu disulap menjadi barang berharga yang memiliki nilai jutaan rupiah. "Hampir lima tahun saya menjalankan usaha ini. Alhamdullilah sampai sekarang masih terus konsisten," ungkapnya, penuh syukur.

Dia bercerita, awal mula ketertarikannya membuat kerajinan dari batok kelapa. Menurut dia, Boltim terkenal sebagai daerah penghasil kopra cukup besar. Banyak sisa batok kelapa yang hanya terbuang percuma. "Potensi inilah yang kemudian saya manfaatkan. Sehingga lima tahun belakangan ini saya menggunakan sisa batok kelapa menjadi bahan dasar untuk membuat kerajinan," jelasnya.

Dia menyebutkan, beberapa kerajinan yang telah berhasil dia buat. Yaitu tempat air, celengan, tempat bunga, dan pernak-pernik kecil yang unik dan lain-lain.

Meskipun tak bisa menyebutkan berapa pendapatan yang diperoleh dari usaha tersebut, namun Solang merasa senang karena sebuah karya yang diciptakannya digemari oleh banyak orang. Bukan hanya masyarakat Boltim tapi juga dari luar daerah. "Biasa kalau ada pameran saya ikut. Dan karya saya banyak diapresiasi. Itu jauh lebih berharga. Selain hasil yang didapatkan lumayan banyak, potensi yang ada pun bisa dimanfaatkan dengan maksimal," katanya.

Dari penelusuran Manado Post Senin (2/7), kemarin, rombongan dari kelompok binaan BKKBN yakni Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) mengunjungi usaha tersebut. "Usaha ini bagus. Selain kreatif dan unik ini juga bisa memotivasi masyarakat yang ada di Boltim. Agar bisa melihat peluang dan memanfaatkan potensi yang ada di desa," tutur Kabid K3 BKKBN Junike Tulalo.

Dia memastikan, usaha batok kelapa tersebut akan diutus mewakili Boltim ke provinsi dalam memeriahkan Hari Keluarga Nasional ke-25 tahun. "Jadi usaha batok kelapa ini akan mengikuti pameran di Kawasan Mega Mas," tukasnya. (tr-01/ite)

Kirim Komentar