03 Jul 2018 11:06

Kehadiran Kodam XIII/Merdeka di Sulut Bawa Rasa Aman

MyPassion
Mayjen TNI Madsuni

MANADOPOSTONLINE.COM—Hari ini (3/7), Kodam XIII/Merdeka memperingati HUT ke-60. Suguhan istimewa akan dipersembahkan untuk warga Sulut, khususnya Tomohon dan sekitarnya. Pasalnya, usai upacara peringatan di Rindam XIII/Merdeka Tomohon, akan ada parade.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Madsuni, melalui Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XIII Merdeka Kolonel Inf Andi Suryadarman menuturkan, selain parade pasukan Kodam XIII/Merdeka, marching band dan atraksi BDM (Yong Moodo) oleh Anggota Yonif Raider 712/WT. Kemeriahan acara juga akan diisi artis-artis ibu kota diantaranya Edo Kondologit. "Untuk itu warga sekitar juga diperkenankan bisa menyaksikan kegiatan tersebut secara gratis," katanya.

Untuk upacara peringatan lanjut Kapendam, akan dihadiri beberapa tamu penting. "Turut diundang Gubernur Sulut, Gubernur Gorontalo dan Sulteng. Kemudian Kapolda Sulut, Gorontalo dan Sulteng serta para bupati/wali kota sewilayah Kodam XIII/Merdeka. Danlantamal juga Danlanudsri dan semua jajaran Kodam," sebutnya.

Sementara itu, disampaikan pengamat hukum Toar Palilingan, Kodam XIII/Merdeka sejak berdiri di Sulut bisa membawa rasa nyaman. "Seiring gencarnya aktivitas kelompok teroris paling tidak membuat masyarakat Sulut merasa lebih aman. Apalagi daerah kita dikenal sebagai daerah transit para teroris sehabis mengikuti pelatihan di Filipina Selatan,” kata akademisi Unsrat ini.

Lanjutnya, sebagaimana tugas pokok serta fungsi Kodam XIII/Merdeka yaitu menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI, serta keselamatan warga masyarakat dari ancaman maupun gangguan. “Serta tugas satuan kewilayahan atau pembinaan teritori sudah cukup memberi rasa aman warga Sulut," sebutnya.

Misalnya, tambah Palilingan, beberapa waktu lalu beredar info ada orang yang dicurigai kelompok pengacau bersenjata/ISIS lari dari Filipina setelah konflik bersenjata dengan tentara. "Diinfokan masuk wilayah kedaulatan RI di pulau terluar Sulut. Namun jajaran Kodam sigap dan langsung dilakukan penyisiran. Jadi saya rasa Kodam sudah sangat tepat dan cepat memberikan pengamanan di wilayah hukumnya," pungkasnya.(rgm/tan)

Kirim Komentar