03 Jul 2018 14:05

KPU Boltim: Jaga Netralitas Jelang Pileg

MyPassion
(Dok. KPU)

MANADOPOSTONLINE.COM—Pendaftaran calon legislatif  (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) segera dibuka. Beberapa partai politik (Parpol) sudah menyiapkan calon yang akan maju di Pileg 2019 nanti.  Berkaitan dengan ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan pihaknya akan bekerja profesional dan netral, mulai dari proses pendaftaran, verifikasi berkas calon, sampai tahap penetapan. "Netralitas sangat penting. Kami akan bekerja keras dan seprofesional mungkin menjaga kondusivitas menjelang Pileg 2019 nanti," tegas Ketua KPU Boltim Jamal Rahman Iroth.

Meskipun dia tak memungkiri, demokrasi Pileg tidak sebesar Pilkada namun pengawasan terus dilakukan. "Belajar dari Pilkada di beberapa daerah, maka KPU Boltim pasti bekerja keras tanpa memihak pada caleg atau parpol manapun. Jika ada yang berani melanggar pasti dikenakan sanksi," katanya.

Terpisah, Sekretaris KPU Boltim Arfan Palima membeber menjelang pendaftaran, beberapa partai sudah sangat antusias. Dia meminta semua pimpinan parpol menunjuk liaison officer (LO) yang bisa menjadi penghubung antara parpol dan KPU. "Parpol harus menyediakan LO yang bisa menjadi penghubung dengan para petugas KPU. Minimal dua orang," pintanya.

Dia menjelaskan, hal tersebut untuk mencegah hubungan yang terlalu intens antara KPU dengan ketua parpol atau caleg. "Jadi selama proses berlangsung, KPU tidak akan berbicara langsung dengan pimpinan parpol atau caleg. Semuanya melalui LO. Agar prosesnya semakin profesional," tutupnya.

Sementara itu hasil penelusuran Manado Post, beberapa partai besar seperti Hanura dan PDI Perjuangan sudah menyiapkan calon kuat untuk pemilihan nanti. "Sudah hampir rampung. Kami optimis akan meraih kemenangan di Pileg 2019," kunci Ketua Partai Hanura Boltim Chandra Modeong ketika dikonfirmasi tadi malam.(tr-01/gel)

Kirim Komentar