03 Jul 2018 13:30

Agustus Berangkat ke Tanah Suci, Manasik Haji Permudah Ibadah CJH

MyPassion
Manasik Haji di Masjid Uswatun Hasanah, Kelurahan Banjer, Senin (2/7).(Dok Kemenag)

MANADOPOSTONLINE.COM—Sekira 86 Calon Jamaah Haji (CJH) mengikuti Manasik Haji gabungan yang diadakan KUA Kecamatan Tikala dan Kecamatan Paal 2, Senin (2/7) di Masjid Uswatun Hasanah, Kelurahan Banjer.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Manado Irwan Musa yang menghadiri kegiatan, memberikan apresiasi kepada seluruh peserta atas kehadiran dan keseriusannya dalam mengikuti manasik.


“Manasik diadakan untuk mempermudah Calon Jamaah Haji dalam memahami tentang ibadah haji. Baik secara teoritis maupun praktis sehingga diharapkan menjadi calon jamaah haji yang mandiri agar dapat melaksanakan ibadah dengan baik dan benar,” katanya.


Sebelumnya, disampaikan Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sulut melalui Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Abdul Aziz Tegela MM, Manasik Haji wajib diikuti oleh peserta haji setiap tahun. "Bimbingan ini berkaitan dengan tata cara berhaji, prosedur tentang proses pejalanan ibadah haji dan pembekalan lainnya," katanya.


Tegela menjelaskan, jadwal keberangkatan CJH tahun ini telah ditetapkan awal Mei kemarin. Sulut dibagi dalam dua kloter pemberangkatan. Yakni pemberangkatan kloter 12 dan 13. “Nantinya sekira 715 CJH akan dikumpulkan di asrama haji. Dan keberangkatannya dari Sulut ke embarkasi Balikpapan, sesuai kloter Agustus mendatang. Tanggal 11 Agustus untuk kloter 12, selanjutnya berangkat ke Arab sekira 12 Agustus. Sementara untuk kloter 13, sekira 12 Agustus berangkat ke embarkasi Balikpapan, dan 13 Agustus nanti berangkat dari embarkasi ke Arab Saudi. Berangkatnya hanya selisih satu hari setiap kloter," ujarnya.


Tambah Tegela, sebab pembagian kloter ini, terbentur dengan jumlah kuota CJH tiap keberangkatan. "Karena satu kloter hanya sekira 455 orang, maka Sulut dengan 715 CJH, dibagi dua kloter. Untuk CJH yang masuk kloter 12, itu utuh sebanyak 450 CJH ditambah lima petugas dari Sulut. Sementara kloter 13, adalah gabungan. CJH dari Sulut, sekira 245 orang. Dan akan bergabung dengan kloter dari Kalimantan Timur," tukasnya.(tr-07/tan)

Kirim Komentar