02 Jul 2018 14:10

Segera Diresmikan Menteri Agama, Asrama Haji Manado Beroperasi Tahun Ini

MyPassion
Abdul Rasyid

MANADOPOSTONLINE.COM—Kabar gembira. Dalam waktu dekat, Asrama Haji Manado akan diresmikan sehingga bisa digunakan calon jamaah haji tahun ini. Hal ini disampaikan Kakanwil Kemenag Sulut Dr H Abdul Rasyid Mag, saat peletakan batu pertama pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Jumat (29/6) lalu.

"Asrama haji kita dalam waktu tak terlalu lama akan segera diresmikan menteri agama. Serta rencana menjadikan Sulawesi Utara sebagai embarkasi antara mudah-mudahan prosesnya juga tidak akan lama," ungkap Mantan Karo IAIN Gorontalo ini.

Sementara itu, pekan lalu beberapa kabupaten/kota menggelar Manasik Haji. Di Kotamobagu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kotamobagu H Saiful Bongso MPdI, didampingi Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Moh Sahran N Gonibala Lc, serta Seksi Bimas Islam H Mochamad Kusen SAg membuka kegiatan Manasik Haji di Aula Kementerian Agama Kotamobagu, Kamis (28/6).

Bongso menjelaskan, Manasik Haji penting dilaksanakan untuk memperdalam penjelasan kepada Calon Jamaah Haji Kota Kotamobagu yang berjumlah 127. “Baik secara teoritis maupun praktis. Sehingga diharapkan menjadi calon jamaah haji yang mandiri, serta dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar,” jelasnya.

Sebelum menututup kegiatan, Bongso memberikan pesannya pada para calon jamaah haji untuk mempersiapkan mental dan memperhatikan kondisi kesehatan fisik dengan melakukan konsultasi dengan petugas kesehatan. “Dikarenakan proses ibadah haji menuntut kesehatan fisik. Khususnya untuk resiko tinggi dan lanjut usia. Karena calon jamaah diminta juga mempersiapkan air saat melakukan ibadah mengingat suhu di Arab Saudi mencapai 42 derajat Celsius,” tukasnya.(tan)

Kirim Komentar