02 Jul 2018 11:27
Tak Segan Turun Patroli Dini Hari

Mengenal Lebih Dekat Kapolresta Manado

MyPassion
FX Surya Kumara

MANADOPOSTONLINE.COM—Citra humanis dari sosok polisi tergambar dari figur Kepala Polisi Resort Kota (Kapolresta) Kombes Pol FX Surya Kumara. Sosok mantan Kapolres Minahasa Selatan ini dikenal menyatu dengan masyarakat. Contoh kecil, tanpa segan, Kumara membagikan nomor ponsel pribadinya. Masyarakat bisa leluasa berkomunikasi dengannya jika ada gangguan di lingkungan sekitar.

Tak hanya itu, perwira tiga melati ini sering turun tangan langsung menangani kejadian dan perkara di Kota Manado. Mulai dari patroli dini hari bersama rayon sabhara, melakukan pengamanan tempat ibadah, menangkap pelaku kejahatan, mengamankan dan membantu memadamkan lokasi kebakaran, sampai merawat langsung korban lakalantas di tempat kejadian.

Kinerja Kapolresta Kumara bersama partnernya Wakapolresta AKBP Arya Perdana diapresiasi Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito. Di beberapa kesempatan, Kapolda memuji duet Surya dan Arya. Salah satunya, ketika acara peluncuran Aplikasi Polisi Manado dan peresmian Gedung Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polresta Manado yang dihadiri Kabaharkam Polri Komjen Pol Moechgiyarto.

Sampai saat ini program kerja Polresta Manado di bawah duet Surya-Arya, berjalan semakin intens. Seperti Patroli Rayon Sabhara, Bersepeda pantau wilayah (Pada Raya), Marijo Torang Siskamling (Martoling), Personel Polwan PAM Sholat Jumat (Pesan Paman Somat), Sikat Pemabuk Jalanan (Si Bulan), Tim Paniki, dan Aplikasi Polisi Manado Cabin Promoter (Command Center dan 110).

Tak hanya terkait pengamanan kota. Beberapa kegiatan terbuka banyak digelar jajaran Polresta Manado yang dipromotor langsung Kumara. Seperti baru-baru ini diselenggarakan Fashion Show Anjing dan Turnamen Sepakbola. Saat diwawancarai, Kumara menekankan sebagai kepala polisi harus bermasyarakat.

“Memang harus begitu. Sebagai kepala polisi kan harus bermasyarakat. Kita harus tahu dahulu apa yang menjadi tugas kita dan bagaimana melihat kebutuhan masyarakat,” bebernya pada Manado Post. Menurut Kumara, masyarakat Manado menginginkan penanganan dan penindakan cepat. Sebagai polisi yang bertugas memberi rasa aman harus melakukannya. “Saya selalu tekankan pada jajaran cepat merespon informasi. Coba lihat sekarang, setiap kali ada TKP saya suruh Paniki atau rayon ke lokasi. Tiga sampai empat menit, mereka sudah di lokasi. Karena memang itu yang dibutuhkan,” sebut Kumara.

Terkait aksinya yang sering turun langsung ke masyarakat meski berstatus kepala polisi, dikatakan Kumara itu adalah bagian dari tanggung jawabnya. “Saya menangani korban kecelakaan juga karena tanggungjawab polisi. Saya ikut bersama sabhara patroli keliling tiap subuh bersama rayon juga karena memang itu tugas saya,” tuturnya.

Kumara berterimakasih pada masyarakat Manado yang peduli pada kinerja polisi. Salah satunya dengan mengirimkan banyak ucapan HUT Bhayangkara. “Ini bentuk kepedulian masyarakat terhadap kepolisian. Kami pihak tetap terus akan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Kota Manado,” pungkasnya.(rgm/gel)

Kirim Komentar