02 Jul 2018 13:52

Kontraktor Segera Lunasi TGR

MyPassion
Sehan Landjar

MANADOPOSTONLINE.COM—Sebulan sudah Pemkab Boltim menerima penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK, untuk pengelolaan keuangan. Namun bukan berarti sistem keuangan Pemkab Boltim sempurna. "Masih banyak kekurangan dan kesalahan. Oleh sebab itu penyelesaian Tunjangan Ganti Rugi akan segela diselesaikan," ungkap Bupati Boltim Sehan Landjar.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Boltim Muhammad Assegaf memastikan, penyelesaian TGR yang menjadi catatan dan rekomendasi BPK RI tersebut, sedang dalam proses penyelesaian. Bahkan dalam waktu dekat pihaknya akan memanggil beberapa kontraktor dan  pihak ketiga agar bisa  melunasi hutang. "Kita sudah jadwalkan pemanggilan para penunggak TGR. Kami akan meminta mereka untuk segera melunasi hutangnya," dia memastikan.

Dia menegaskan, pihaknya tidak akan memberikan toleransi lagi ke pihak ketiga. ”Dalam kesepakatan nanti kami akan minta sertifikat tanah dan BPKB kendaraan milik mereka untuk dijadikan jaminan. Agar hutang tersebut segera dilunasi," tegasnya.

Terpisah, Inspektur Inspektorat Meike Mamahit menjelaskan, semua persoalan TGR sudah diserahkan langsung kepada Pemkab. "Surat rekomendasi ke beberapa dinas yang memiliki TGR sudah diberikan. Jadi tinggal proses pelunasan," katanya.

Dia pun optimis jika Pemkab Boltim akan mampu menyelesaikan TGR dengan baik. "Waktunya kan 60 hari. Jadi sekarang masih ada waktu yang panjang. Pasti semuanya bisa terselesaikan," tutupnya optimis.  

Diketahui, total TGR  pihak ketiga dan dinas lainnya di Kabupaten Boltim mencpai Rp 1,3 miliar. Dengan perincian, lebih dari Rp 1 miliar untuk TGR  tahun 2009 dan tahun 2017.  Rp 300 juta untuk para PNS.  Tapi khusus untuk TGR PNS sudah lunas karena langsung dipotong melalui TKD.(tr-01/ite)

 

Kirim Komentar