02 Jul 2018 13:27

DP3A Mitra Seriusi Penanganan KDRT

MyPassion
Phebe Punuindoong

MANADOPOSTONLINE.COM—Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Mitra, menyeriusi penyelesaian sejumlah kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). "Sampai pertengahan tahun ini sudah ada tujuh kasus KDRT yang masuk laporan dan sudah dan sementara ditangani," sebut Kepala DP3A Kabupaten Mitra Phebe Punuindoong.

Meski begitu, Phebe mengungkapkan,  kasus KDRT pada tahun 2018 ini terjadi penurunan cukup tinggi. Dibandingkan tahun sebelumnya mencapai 100 kasus. "Tahun 2017, kasus KDRT mencapai 100 kasus," sambungnya.

Untuk itu, pihaknya berupaya agar penanganan masalah KDRT di Kabupaten Mitra dapat terus ditekan. Dengan memberikan penanganan bagi korban kekerasan berupa konseling bagi para masyarakat hingga korban lewat Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A). “Kami berupaya agar penanganan setiap korban akan lebih maksimal, sehingga dapat menghilangkan trauma pada korban,” tandasnya.

Terpisah, Kapolres Minsel AKBP FX Prabowo Winardi mengatakan, terkait masalah KDRT lebih kepada masalah keluarga. Sehingga penanganan lebih ditekankan untuk penyelesaian secara kekeluargaan. “Namun jika tak ada perdamaian. Sanksi pidana sebagai ultimum remedium. Artinya sebagai penyelesaian terakhir. Serta diimbau juga warga untuk lebih pro aktif dalam melaporkan masalah ini,” singkatnya.(cw-01/gnr)

Kirim Komentar