02 Jul 2018 13:58

15 Miliar Tingkatkan Status Puskesmas di Bolmong

MyPassion
Sahara Albugis

MANADOPOSTONLINE.COM—Untuk meningkatkan pelayanan, Pemerintah Kabupaten Bolmong akan membangun tiga Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sahara Albugis mengatakan, dari 17 Puskesmas yang ada di Kabupaten Bolmong, 10 diantaranya Puskesmas rawat jalan dan tujuh rawat inap. “Dari 17 Puskesmas, hanya tiga Puskesmas yang mendapat dana pembangunan sebesar Rp 15 miliar. Yaitu, Puskesmas Doloduo, Pangian dan Puskesmas Pusian. Tapi pihaknya terus berusaha, agar ke depan akan ada dana untuk puskesmas lainnya,” katanya.  

Menurut dia, tiga Puskesmas yang mendapatkan bantuan akan ditingkatkan statusnya dari rawat jalan menjadi rawat inap. "Kami akan meningkatkan status tiga Puskesmas dari rawat jalan menjadi rawat inap. Dan untuk satu Puskesmas anggaran sebesar Rp 5 miliar. Jadi kalau tiga Puskesmas totalnya Rp 15 Miliar," bebernya.

Dia menjelaskan, perubahan status Puskesmas rawat jalan menjadi rawat inap, untuk meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat. “Puskesmas adalah pusat penanganan medis tingkat pertama bagi masyarakat. Sehingga ke depan tidak perlu jauh- jauh ke rumah sakit, jika masih bisa disembuhkan dengan fasilitas kesehatan di puskesmas," tuturnya. 

Dia berpesan, kepada semua tenaga kesehatan di Puskesmas, agar bekerja secara profesional sesuai standar kerja. "Petugas medis harus bekerja sesuai standar prosedur operasional, etika profesi dan hormati hak pasien," tutupnya. (cw-03/ite)

Kirim Komentar