30 Jun 2018 13:40

Semua Desa di Boltim Wajib Miliki BumDes

MyPassion
Slamet Umbola

MANADOPOSTONLINE.COM—Semua desa yang ada di Kabupaten Boltim wajib mendirikan Badan Usaha Milik Desa  (BumDes). Hal ini ditekankan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Slamet Umbola.

Menurut dia, meskipun BumDes di Kabupaten Boltim terus mengalami peningkatan, namun dia tetap menargetkan tahun ini semua desa harus memikiki BumDes. "BumDes ini menjadi salah satu program unggulan Kemendes. Sehingga semua desa harus dipacu untuk  memajukan desanya melalui Bumdes," jelas Umbola.

Dirinya  tak menampik jumlah BumDes di Boltim terus mengalami peningkatan setiap bulannya.  Bahkan hingga Juni ini,  jumlah BumDes yang terdaftar sudah sebanyak 70 BumDes. Dengan beragam usaha yang dijalankan. "Tapi belum semua yang berproduksi," sebutnya.

Dia  menekankan, jika setiap hari tindakan monitoring, pengawasan dan pelatihan terus dilakukan kepada semua masyarakat yang ada di desa. Karena baginya keberadaan BumDes dapat menjadi tolok ukur keberhasilan sebuah desa. "Bumdes harus bisa menjadi vionir di dalam desa tersebut. Agar desa terus berkembang. Hasil dari BumDes pun akan menjadi  pendapatan asli desa itu sendiri," terangnya.

Di sisi lain, Sangadi Desa Togid Adi Makalunsenge menjelaskan, keberadaan BumDes di desa tidak hanya membuat pendapatan asli desa bertambah. Tapi juga menjadi wadah masyarakat yang ingin bekerja dan mengembangkan kreativitas. "BumDes kan memiliki banyak macam. Ada souvenir, pengelolaan hasil bumi, perikanan, industri dan lain sebagainya. Semuanya usaha sudah berjalan. Jadi bisa menjadi mata pencaharian juga," jelas Sangadi yang memberdayakan BumDes BunongStar tersebut.

Dia juga  mengimbau, kepada seluruh masyarakat dan juga para aparat desa, untuk terus berinovasi dan memanfaatkan hasil kekayaan  SDA maupun SDM yang ada di desa untuk mendirikan sebuah usaha, agar seluruh desa yang ada  mampu bersaing dengan desa-desa yang ada di daerah lain. "Pengelolaan BumDes butuh komitmen dan keseriusan. Dan pastinya melibatkan masyarakat. Agar hasilnya pun menjadi bagus," tutupnya. (tr-01/ite)

Kirim Komentar