28 Jun 2018 17:10

Qualcomm Kenalkan Tiga Chipset Baru untuk Smartphone Ekonomis

MyPassion
lustrasi: Perusahaan pembuat chipset, Qualcomm. (ZDNet)

MANADOPOSTONLINE.COM—Qualcomm mengumumkan tiga chipset generasi teranyar pada gelaran Mobile World Congress (MWC) Shanghai, Tiongkok, hari ini, Rabu (27/6) waktu setempat. Qualcomm menyebut bahwa tiga System on Chip (SoC) terbarunya ini menyasar segmen smartphone menengah ke bawah alias ekonomis.

Ketiga seri chipset terbaru yang dibesut Qualcomm itu hadir mewakili pembaruan dari seri 600 dan 400, yaitu Snapdragon 632, 439, dan 429 mobile platform. Perangkat keras ini diklaim mampu memberikan performa yang lebih tinggi, daya tahan baterai yang lebih baik, desain yang lebih efisien, grafis yang mengagumkan, serta membawa kemampuan kecerdasan buatan (AI) ke lini Snapdragon yang paling laris.

Vice President, Product Management, Qualcomm Technologies, Kedar Kondap mengatakan, Qualcomm ingin terus membawa lebih banyak kemajuan teknologi premium ke lini-lini Snapdragon kelas bawah. Hal ini guna membantu mengubah pengalaman konsumen di pasar yang lebih luas.

“Snapdragon 632, 439, dan 429 dibangun dari mobile platform terlaris buatan Qualcomm Technologies dan memberikan peningkatan pada peforma, efisiensi daya, grafis unggul, kemampuan AI dan fitur-fitur konektivitas bagi pengguna,” katanya kepada JawaPos.com dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/6).

“Kami sangat antusias menawarkan platform-platform dengan fitur-fitur canggih ini kepada para OEM dan konsumen kami nantinya,” imbuhnya.

Pada Snapdragon 632 terbaru, Qualcomm mengklaim telah membawa beberapa pengalaman seluler yang paling dicari. Termasuk mainstream gaming, pengambilan video beresolusi 4K, kecerdasan buatan, dan konektivitas LTE berkecepatan tinggi dengan harga yang tentunya lebih terjangkau.

Snapdragon 632, dikatakan Qualcomm, terbuat dari teknologi proses FinFET yang canggih. Selain itu Snapdragon 632 juga diakui menawarkan peningkatan performa hingga 40 persen berkat perpaduan antara CPU Qualcomm Kryo 250 dan GPU Qualcomm Adreno 506. Untuk kecepatan seluler yang tinggi, Snapdragon 632 juga mengusung modem X9 LTE yang mendukung teknologi LTE Advanced seperti carrier aggregation.

Sementara produk terbaru lainnya, yakni Snapdragon 439 dan 429 Mobile Platform, diciptakan untuk membantu membawa pengalaman seluler yang populer untuk pasar umum, serta konsumen yang peduli akan harga.

Kedua platform tersebut dilengkapi dengan kemampuan kecerdasan buatan yang meningkatkan pengalaman kamera, suara, dan keamanan. Kedua varian terbaru dari seri 400 itu, menurut Qualcomm, juga dibuat dengan kecanggihan teknologi proses FinFET. Snapdragon 439 dan 429 Mobile Platform meningkatkan performa CPU dan efisiensi daya sampai dengan 25 persen.

Keduanya juga memiliki fitur modem X6 LTE untuk kecepatan unduh yang cepat, streaming video yang lancar, dan penjelajahan web yang mulus. Snapdragon 439 dilengkapi dengan CPU octa-core dan menambah GPU Adreno 505 untuk peningkatan rendering grafis yang lebih cepat hingga 20 persen. Snapdragon 429 mengusung GPU Adreno 504 untuk peningkatan rendering grafis hingga 50 persen.

“Snapdragon 632, 439, dan 429 memiliki kecocokan perangkat lunak dengan Snapdragon 626, 625, dan 450. Sementara perangkat lunak dan soket elektoronik Snapdragon 439 dan 429 sama satu dengan yang lain. Perangkat komersil yang ditenagai Snapdragon 632, 439, dan 429 diperkirakan akan meluncur pada pertengahan kedua tahun ini,” pungkas Kondap.(jpc/mpo)

Kirim Komentar