28 Jun 2018 14:18
Jabar Milik Rindu, Jatim Khofifah-Dard

Partai Pengusung Jokowi ‘Kuasai’ Pilgub 17 Provinsi

MyPassion
Grafis

MANADOPOSTONLINE.COM—Suara untuk Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019, dipastikan aman di 17 provinsi yang baru saja menggelar pilkada. Pasalnya, sesuai hasil hitung cepat, sebagian parpol pengusung Jokowi menang di semua pilgub. Nasdem meraih persentase kemenangan terbanyak yakni 10 daerah. Disusul Hanura dan Golkar di sembilan daerah (lihat grafis).

Dilansir Jawa Pos (grup Manado Post), berdasarkan hasil quick count SMRC di Pilgub Jawa Barat, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) yang diusung Nasdem, Hanura, PKB dan PBB, unggul 32,26 persen.

Di Pilgub Jawa Timur, berdasar hasil quick count beberapa lembaga survei, pasangan nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak mampu mengungguli Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno.

Dalam survei yang dirilis Indikator Politik Indonesia, Khofifah-Emil mendapat perolehan suara 53,64 persen. Jauh meninggalkan Gus Ipul-Puti yang hanya mendapat 46,36 persen. Dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, Khofifah-Emil unggul di 25 daerah. Yakni, Bondowoso, Jember, Probolinggo, Kota Probolinggo, Kota Malang, Pamekasan, Sumenep, Sidoarjo, Gresik, dan Surabaya. Berikutnya, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Ngawi, Madiun, Kota Madiun, Nganjuk, Mojokerto, Kota Mojokerto, Kediri, Kota Kediri, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, dan Tulungagung.

Sementara itu, Gus Ipul-Puti hanya unggul di 13 kabupaten/kota. Yaitu, Banyuwangi, Situbondo, Lumajang, Pasuruan, Kota Pasuruan, Malang, Kota Batu, Blitar, Kota Blitar, Jombang, Bangkalan, Sampang, dan Magetan.

Di Sumatera Utara, pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah yang diusung Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PKS, Hanura, dan Nasdem, unggul 58,88 persen. Di Bumi Lancang Kuning, Riau, pasangan nomor urut 1, Syamsuar-Edy Nasution sebagai pemenang dengan perolehan suara 38,17 persen.

Pilkada 2018 di Sumatera Selatan, dua paslon bersaing ketat. Paslon nomor urut pertama, pasangan Herman Deru - Mawardi Yahya memperoleh 33,66 persen dari suara yang telah masuk sebanyak 79 persen. Peraihan suara ini juga didapat pasangan nomor urut 4, Dodi Reza Alex Noerdin - Giri Ramanda Kiemas.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dipastikan bukan sebagai pemilih salah satu dari 171 daerah yang melaksanakan Pilkada Serentak, Rabu (27/6).

Pasalmya, Presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi merupakan warga DKI Jakarta yang telah melaksanakan proses pemilihan gubernurnya pada tahun lalu. "Presiden tentunya tidak menggunakan hak pilih, KTP Jakarta," kata Menteri Sekretaris Kabimet Pramono Anung di Kantor Presiden, Selasa (26/6).

Lantas ke mana Jokowi saat pesta demokrasi itu berlangsung? Dipastikan Pramono bahwa presiden tidak ke daerah, tapi tetap memantau pelaksanaan Pilkada. "Presiden akan memantau jalannya pilkada. Ada kemungkinan beliau ada di Bogor atau Jakarta. Beliau tidak ke daerah," pungkas Pramono.(tan)

Kirim Komentar