26 Jun 2018 11:07

Manado Pusat Jasa Keuangan dan Perdagangan (2)

MyPassion
Oleh: Jeffry Wurangian

SEBENARNYA Sulut memiliki kekayaan alam yang berlimpah, memiliki ikan tuna terbesar di dunia di perairan utara, memiliki berbagai hasil tambang, seperti emas, biji besi, dan lahan pertanian yang subur. Letak geografis Kota Manado sangat strategis di bibir Pacific Ocean, di mana pusat perdagangan dunia telah bergeser dari Samudra Alantic (Eropa, Amerika), ke Samudra Pacific Asia Timur, Cina, Jepang) di mana Kota Manado terletak di lingkaran wilayah Samudra Pasifik. (Dr Sam Ratulangi, menulis dalam bukunya berjudul Indonesia de in Pacific, tahun 1937, menjelaskan perdagangan dunia akan begeser melewati Samudra Pasifik, dan terbukti).

Manado juga dilewati oleh dua jalur (ALKI) pelayaran Internasional yang dapat dimanfaatkan sebagai pelabuhan singgah untuk berbagai kapal dagang, dan juga perbaikan kapal internasional (dok). Kemajuan Singapura, memanfaatkan industri jasa keuangan dan perdagangan (tidak memiliki sumber daya alam) dan selat malaka, alur pelayaran internasional. Demikian juga Hongkong, dan lebih menakjubkan lagi pulau kecil atau Cayman Island. 

Dengan perkembangan dunia teknologi informasi dan digital-internet saat ini, sudah tidak membedakan lagi antara jarak (distance), ruang (space) dan waktu (time). Yang tadinya hanya berfikir semua aktifitas secara konvensional dilakukan di atas daratan, lautan, udara sudah bertambah dengan jasa elektronik, internet untuk berbagai kegiatan usaha, perdagangan dan jasa. Dengan dimediasi seperangkat HP Android, Apple, Laptop, Komputer atau Ipad, maka terjadilah transaksi perdagagan barang dan jasa (E-Commerce, E-Financial dan lainnya), transaksi usaha  di dunia maya (Cyber Business). Kalau ingin membeli barang apa saja, dengan mudah kita memesan melalui website atau akun yang menyediakan fasilitas yang kita perlukan dengan akses internet/wi-fi dan memesannya. Kurang jelas, perlu informasi apa saja, dengan mudah kita akses ke Google search atau lainnya, informasi yang kita perlukan lagsung didapatkan.

Sudah saatnya Manado memanfaatkan bisnis dunia maya ini (Virtual Business) untuk menjual kelebihan, kekuatan yang dimiliki melalui jasa tehnologi informasi-digital-internet. Dengan adanya pasar elektronik “komoditi berjangka” (commodity futures trading), seseorang bisa berusaha, berdagang berbagai komoditi misalnya kelapa, kopra, cengkih, kelapa sawit, karet, coklat, kopi, gula, gandum, kedelai, minyak, emas, batubara, alumunium dan lainnya. Walaupun komoditi yang akan diperdagangkan tidak diproduksi di Sulawesi Utara. Inilah manfaat e-futures tersebut (sell-buy) bagi setiap individu, walaupun tidak memiliki sertifikat tanah, atau kebun, perkebunan, tambang, perikanan dll tapi tetap bisa berbisnis berbagai produk, komoditi yang diperjual belikan secara global didunia maya ini (e-futures).

Kota Jasa Keuangan Dan Perdagangan

Manado bisa memanfaatkan kesempatan ini melalui pendirian Institusi Perdagangan komoditi berjangka daerah (di Jakarta sudah ada). Membangun infrastruktur jasa keuangan, dan perdagangan, (kawasan bisnis area), seperti Manado Trade Center (World Trade Center Jakarta, London, New York, Singapore dan lainnya), Manado Stock Exchange (seperti Jakarta Stock Exchange, Surabaya Stock Exchange), fasilitas untuk perdagangan jual dan beli saham perusahan yang sudah go public atau listed di bursa, ciptakan insentif bagi perusahaan-perusahaan global agar tertarik membuka kantornya di Manado, perkuat modal Bank Sulutgo sebagai bank daerah, bangun BUMD yang  menunjang industri jasa keuangan, perbankan dan perdagangan, serta manfaatkan secara maksimal UU No 32 Tahun 2004 tentang Otonomi Daerah, dan perkuat SDM bidang jasa keuangan, perbankan dan perdagangan, melalui pembangunan pusat pendidikan praktis (skill certified).

Perluasan wilayah Kota Manado kedepan akan menyatu menjadi suatu Kawasan Megapolitan (seperti Jabotabek) meliputi Bitung, Minut, Manado, Tomohon, dan Tondano (lingkaran BM2T2) kereta api dibangun meliuk-liuk dikawasan ini dengan berbagai kereta gantung menghiasi perbukitan di sekitar Tomohon, Tinoor, Warembungan dan Manado, seperti di pegunungan Alpen, Swiss, Austria, Eropa dan Colorado, US, Canada dan lainnya.

Objek pariwisata dipersolek dan dilengkapi dengan fasilitas standar internasional, pantai sebagai objek wisata dirapihkan dengan dilengkapi dengan fasilitas komunikasi global dan akomodasi yang bertaraf internasional. Semua fasilitas yang dimiliki Manado, Sulawesi Utara bagaikan magnet bagi para turis lokal maupun mancanegara maupun para investor dunia untuk berkunjung ke Manado, Sulawesi Utara, dan menempatkan usahanya di Manado, seperti perjalanan Cayman Islands. Mimpi Manado 25 hingga 50 tahun akan jadi kenyataan. Manado menjadi pusat bisnis jasa keuangan, perdagangan dan parawisata dunia. (bersambung)

Kirim Komentar