25 Jun 2018 10:00

Manado Pusat Jasa Keuangan, dan Perdagangan di Era Teknologi Informasi Digital-Internet (1)

MyPassion
Oleh. Jeffry Wurangian

MUNGKIN kita kurang memperhatikan “Cayman Islands”, suatu kepulauan terdiri dari 3 pulau kecil yaitu Cayman besar, Cayman Brac, Cayman kecil. Luasnya hanya sekitar 264 km2, dengan penduduk sekitar 60,000 jiwa, dengan ibu kotanya George Town.

Sebagai teritori Kerajaan Inggris Raya, letaknya di Laut Karabia bagian barat, berdekatan dengan negara Kuba, Honduras Utara, Jamaika.  Kepulauan ini kira-kira ada kemiripan kalau kita melihat Kabupaten Sitaro, terdiri dari 3 pulau sebut saja “Sitaro Islands” ( Siau, Tagulandang, and Biaro) luasnya hampir sama, sekira 275 km persegi. Dengan jumlah penduduk sekira 75 ribu jiwa.

Cayman Islands, Sitaro Islands, sekilas data di atas antara kedua kepulauan ini hampir sama. Tapi kalau kita amati lebih cermat lagi dan bertanya mana yang lebih terkenal di dunia, lebih maju, dan rakyatnya lebih makmur? Jawabannya Cayman Islands sangat jauh lebih maju, makmur dan sejahtera.

Sekalipun dibandingkan dengan Provinsi Sulawesi Utara yang luasnya sekira 60 kali lebih besar. Yaitu 13.851 km persegi. Bahkan dibandingkan dengan negara Indonesia sekalipun, Cayman Island jauh lebih maju dan sejahterah. Lihat saja income per kapita Cayman Islands, ukuran tingkat kesejahteraan penduduknya.

Pendapatan per kapita Cayman Islands sekira USD 58.000 sedangkan Indonesia yang luasnya 1.904.569 km persegi, dan memiliki lebih dari 13.700 pulau dan penduduk 260 juta jiwa, dengan kekayaan alam yang luar biasa nilainya, memiliki pendapatan per kapita hanya sekira USD 4.000. Di mana Sitaro Islands sudah termasuk didalam income per kapita tersebut.

Kenapa? Karena Cayman Island, teritori di bawah pemerintahan Inggris Raya (UK)  meletakkan kebijakan ekonominya secara otonomi terbatas, yaitu pada Industri jasa keuangan, perbankan internasional. Sir Vassel Johnson, adalah pemimpin awal di Cayman Island  yang mempunyai ide besar, yaitu Cayman Island harus dirubah secara fundamental, melebihi dari pulau, kepulauan yang ada di belahan bumi ini secara alamiah dan merubahanya dengan memberikan value tinggi berupa menjadikan Kota George Town, Cayman Islands menjadi pusat industri jasa keuangan  dan perbankan internasional.

12
Kirim Komentar