25 Jun 2018 10:41

Awas!Penetapan Formasi Honorer Hoax

MyPassion
Ilustrasi

GRUP WhatsApp beberapa hari terakhir ini kebanjiran kabar penerimaan honorer dan CPNS 2018. Katanya, penerimaan itu akan dibuka 7 Juli 2018 hingga 17 Juli 2018. Ternyata kabar tersebut tidak benar. Kabar itu bersumber dari pemberitaan media yang kemudian dipelintir sedemikian rupa.

 

’’Pendaftaran CPNS Dibuka Bulan Juli 2018, Ini Kriterianya.” Begitu judul kabar yang tersebar di media sosial. Dalam kabar itu disebutkan, penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan kembali dibuka Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Rencananya, Juli 2018. ’’Menteri PAN-RB, Asman Abnur menjelaskan, kemungkinan tes penerimaan CPNS 2018 antara tanggal 7 Juli 2018 hingga 17 Juli 2018,’’ tulis pesan tersebut.

Pesan itu tampak menyakinkan karena juga mencatut situs remis Kementerian PAN-RB. ’’Dilansir dari laman resmi Kementerian PAN-RB, pada 22 Mei 2018 lalu, disebutkan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi memfokuskan formasi CPNS tahun ini untuk jabatan-jabatan teknis dan spesialis,’’ lanjut pesan itu.

Dijelaskan juga, kuota CPNS yang akan diterima sesuai dengan jumlah yang akan pensiun. Pada 2018, jumlah PNS yang pensiun 250 ribu orang. Sebanyak 38 ribu berada di pemerintah pusat dan sisanya daerah.

Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Informasi Publik KemenPAN-RB Herman Suryatman mengatakan bahwa pesan itu hoax. ’’Sumbernya tidak jelas. Kemungkinan berangkat dari asumsi pemberitaan umum sebelumnya,’’ kata Herman. Menurut dia, kabar itu diramu dari pemberitaan media mainstream sehingga seolah-olah sudah ada jadwal pasti pembukaan perekrutan CPNS.

Dia menegaskan, Kemen PAN-RB tidak pernah menerbitkan laporan penetapan e-formasi tenaga honorer, pegawai tidak tetap, pegawai tetap non-PNS, dan tenaga kontrak pengangkatan CPNS tahun 2016–2019. "Kami kembali menegaskan bahwa hal itu tidak benar. Jangan sampai terkecoh hoax," ujarnya.

Herman mengimbau seluruh masyarakat agar tidak mudah percaya dengan kabar yang tidak jelas sumbernya. "Waspada dan selalu mengecek kebenaran setiap informasi ke sumber resmi. Silahkan up date berbagai informasi tentang pendayagunaan aparatur negara di website resmi menpan.go.id," tegasnya.

Beberapa waktu lalu lanjutnya, beredar juga persyaratan dan pemberkasan usulan CPNS di daerah dari tenaga honorer di kabupaten di Indonesia yang dikeluarkan oleh BKN. "Berdasarkan pengalaman, beredarnya hoax seperti itu berujung aksi penipuan CPNS. Jadi berhati-hatilah," kuncinya.(jpg/tan)

Kirim Komentar