23 Jun 2018 14:22

Pelajari Kekuatan Lawan

MyPassion
Indra Sjafri menyatakan tengah mempelajari peta kekuatan calon lawan Indonesia sembari tetap menggembleng anak asuhnya. / beritabolaindo.com

MANADOPOSTONLINE.COM—TIMNAS U-19 Indonesia bakal menghadapi sejumlah lawan tangguh dalam gelaran Piala AFF yang digelar Gresik dan Sidoarjo, Jawa Timur, 1-14 Juli 2018. Indonesia yang tergabung di Grup A akan bersaing dengan Thailand, Vietnam, Singapura, Filipina, dan Laos.

Dilansir dari tempo.co, pelatih kepala timnas U-19, Indra Sjafri, menyatakan tengah mempelajari peta kekuatan calon lawan Indonesia itu sembari tetap menggembleng anak asuhnya lewat pemusatan latihan di Yogyakarta. "Dari tim pelatih kemarin sudah kumpulin video-video (pertandingan lawan) itu, terutama Laos dan negara yang tergabung di Grup A itu," ujar Indra setelah memimpin latihan di Stadion UNY, Kamis (21/6) sore.

Indra menegaskan, melihat kekuatan lawan-lawan di Grup A yang tak bisa dianggap enteng itu, ia tak mau dalam laga uji coba selama masa pemusatan latihan timnas U-19 menghadapi lawan sesama U-19 atau U-21. "Kami enggak mau seperti dulu, lawan sesama U-19, U-21 tapi menang terus, untuk apa? Sekarang kami ubah, cari lawan uji coba yang lebih kuat dan sepadan," kata Indra.

Sebelumnya, pada masa pemusatan latihan periode pertama sebelum libur Lebaran, timnas U-19 mengalami dua kekalahan beruntun saat menjalani laga uji coba melawan klub-klub Liga 2. Pertama, timnas U-19 ditekuk Persis Solo dengan skor 0-3, lalu dikalahkan PSS Sleman dengan skor 0-2.

Indra menilai, mengingat waktu efektif persiapan menjelang Piala AFF yang hanya 11 hari sejak timnas U-19 berlatih lagi pasca-Lebaran pada 19 Juni lalu, saat ini pihaknya mengatur benar materi latihan dan uji coba untuk pemain. "Uji coba hanya satu kali dan sisa waktu lainnya full latihan," ucapnya.

Adapun lawan untuk uji coba sehari sebelum timnas U-19 bertolak ke Sidoarjo pada 28 Juni nanti saat ini masih belum ditentukan. "Ada beberapa lawan yang lebih tangguh, yang kami usahakan agar bisa uji coba dengan timnas U-19 tanggal 27 Juni nanti, lalu tanggal 28 Juni kami ke Sidoarjo," ujar Indra. Timnas U-19 akan menghadapi Laos dalam laga perdana Piala AFF di Sidoarjo pada 1 Juli 2018. (*)

Kirim Komentar