23 Jun 2018 12:45

3.029 Bidang Tanah PTSL di Minsel Rawan Sengketa

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) mulai berjalan. Dari target 10 ribu sertifikat tahun ini, 3029 bidang sudah masuk proses pengukuran.

Kepala Seksi Penataan Pertanahan Teddy Massie Badan Pertanahan Nasional (BPN) Minsel mengakui, masyarakat masih malas melakukan permohonan. "Sampai sekarang berkas baru 1200 bidang. Memang kita baru mulai April karena proses tender di pusat," ungkapnya.

Lanjut dia, target tahun ini menyasar Amurang Raya. Di antaranya, Amurang Timur, Amurang Barat dan Amurang. Dalam setiap proses pengukuran, sejumlah kendala ditemui. Termasuk adanya anggota masyarakat yang menolak dilakukannya pengukuran karena mangaku sebagai pemilik tanah. "Sempat ada sengketa di lapangan tetapi rata-rata bisa cepat selesai. Intensitas pun sedikit. Yang masalah itu banyak yang tidak pro aktif," beber dia.

Hal itu diakuinya bisa ikut memperlambat proses PTSL yang sementara berlangsung. "Makanya sosialisasi dari aparat pemerintah setempat penting. Kami terus berkoordinasi dengan pemkab, agar program ini berjalan dengan baik dan bisa memenuhi target," tutupnya. (jen/ria)

Kirim Komentar