22 Jun 2018 12:02

Tak Hadir Apel, TKD PNS di Tomohon Dipotong 10 Persen

MyPassion
Grafis

MANADOPOSTONLINE.COM—Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) dari 57 PNS di lingkungan Pemkot Tomohon tercancam terpotong. Besaran yang dipotong adalah 10 persen dari total tunjangan. Alasannya, ke-57 PNS ini tak hadir tanpa keterangan dalam pelaksanaan apel perdana pasca libur lebaran, kemarin.

Dalam apel perdana yang dipimpin langsung Wali Kota Jimmy Feidie Eman ini, kehadiran PNS maupun honorer tak sampai 100 persen. Eman pun mengatakan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) telah meminta seluruh kepala daerah  untuk melakukan pemantauan usai pelaksanaan apel perdana. “Hasilnya sudah bagus, tapi perlu ditingkatkan lagi. Dan sebaiknya, bagi mereka-mereka (PNS, red) yang bolos, segera mempertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ungkap Eman.

Bukan apa-apa, Eman menggenjot tingkat kedisiplinan PNS dalam hal ini. Penambahan jumlah hari libur lebaran lebih banyak ketimbang sebelumnya, jadi tidak ada alasan untuk tak hadir. “Jadi bisa sekaligus menjadi wadah penilaian bagi kinerja PNS serta honorer dan tenaga kontrak,” tukas Eman.

Sementara, terpisah Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Kota Tomohon Daniel Pontonuwu menambahkan, pemberlakuan sanksi tegas siap diberikan. “Ada potongan TPP (TKD), khusus untuk PNS sebesar 10 persen. Sementara untuk honorer dan kontrak sebesar 5 persen. Plus, jadi bahan pertimbangan tentu, bagi mereka yang akan mengurus pangkat tahun ini,” papar Pontonuwu. Dia menambahkan, hasil rekapan absensi hari ini, nantinya akan diteruskan ke kementerian sebagai laporan. “Bisa juga sebagai rekomendasi penilaian,” pungkas dia. (jul/fgn)

Kirim Komentar