21 Jun 2018 12:44

Rastra Rusak Bisa Minta Ganti

MyPassion
DIJAMIN: Kualitas rastra dari Bulog dijamin kualitasnya. Bahkan jika rusak bisa langsung minta diganti.

MANADO—Perum Bulog Divre Sulawesi Utara akan menyalurkan kembali beras masyarakat sejahtera (rastra) setelah libur Lebaran tahun 2018. “Kami akan melanjutkan penyaluran rastra setelah liburan selesai, karena banyak petugas yang juga pulang kampung merayakan Lebaran,” kata Kepala Perum Bulog Divre Sulut Eko Pranoto di Manado.

Dia mengatakan bahwa penyaluran rastra sebelum Lebaran sudah mampu memenuhi kebutuhan masyarakat penerima rastra dalam menghadapi Lebaran. “Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir, ketika liburan berakhir penyaluran rastra akan segera berjalan kembali,” jelasnya.

Dijelaskan, sejak awal tahun penyaluran rastra berubah skema. Dari sebelumnya harus bayar Rp 1.600 per kilogram (kg), kini gratis. “Pemerintah telah mengubah skema penyaluran rastra dari pangan bersubsidi menjadi bansos rastra dan bantuan pangan non tunai (BNPT),” ungkap Pranoto.

Bulog, katanya, berupaya menyalurkan rastra tepat waktu dan tepat sasaran, sehingga masyarakat penerima tidak perlu ke pasar untuk membeli beras. “Beras rastra dirawat dengan baik oleh petugas gudang dengan standar nasional sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terhadap kualitasnya,”  kata Eko.

Dia menambahkan jika penerima mendapati ada beras yang kurang layak, segera laporkan kepada aparat pemerintah desa maupun kelurahan dan pihak Bulog akan segera mengganti dengan yang lebih baik. “Persediaan beras dalam gudang cukup banyak, dan wajar bila ada satu atau dua karung yang mengalami penurunan kualitas,” jelasnya. (tr-05/fgn)

Kirim Komentar