21 Jun 2018 10:51

Harga Bapok di Tomohon Belum Stabil

MyPassion
Harga sejumlah bahan pokok di pasar beriman masih berada di atas harga normal. (Julius Laatung/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Pasca Idul Fitri akhir pekan lalu, sejumlah komoditas di Pasar Beriman masih di atas harga normal. Rica (cabe, red) misalnya. Di akhir Mei, harga rica berada di Rp 40 ribu sampai Rp 45 ribu per kilogram (kg). Kini, harga rica masih masih bertengger di Rp 60 ribu. “Masih terbatas pasokan dari Gorontalo. Kemungkinan banyak pedagang masih berhari-raya atau mempersiapkan ketupat,” ungkap salah satu pedagang, Rini Mentu.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan Ruddie Lengkong menyatakan, kondisi ini disebabkan sejumlah daerah pemasok belum melakukan pengiriman karena masih libur.  “Misalnya, di Gorontalo pasti banyak petani belum turun ke ladang semua. Pedagang di pasar kita kan banyak juga dari sana, sehingga menimbulkan dampak juga pada harga jual,” kata dia.

Meski begitu, pihaknya berjanji bakal mengupayakan memperpendek mekanisme pasar. Guna menekan harga jual. “Sambil melihat potensi komoditas yang bisa kita suplai, yang cost pengirimannya minim. Seperti membeli atau menambah rica dari Langowan,” pungkasnya. (jul/fgn)

Kirim Komentar